Banjarmasin (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melepas kontingen ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu.
 
Gubernur mengharapkan para atlet yang berangkat pada PON berlangsung dari 8-20 September 2024 ini bisa mengharumkan nama daerah dengan prestasi yang gemilang.
 
Menurut dia, para atlet Kalsel harus memiliki semangat juang Pangeran Antasari "Haram manyarah, waja sampai keputing" hingga bisa mencapai tujuan.
 
Meski demikian, Gubernur om berpesan agar kontingen atlet tetap menjunjung di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung, harus berprilaku yang baik di negeri orang.
 
"Tunjukkan kemampuan, tapi tetap menjunjung sportifitas yang tinggi," ujar Gubernur yang lebih akrab disapa Paman Birin tersebut.
 
Dia pun mendoakan agar seluruh kontingen mendapatkan keselamatan dari berangkat, bertanding hingga pulang ke kampung halaman dengan membawa kebanggaan dan prestasi.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel H Hermansyah menyampaikan, kontingen atlet dan ofisial Provinsi Kalsel ke PON Aceh-Sumut sebanyak 480 orang.
 
"Ini berkat keinginan pak gubernur agar semua atlet diberangkatkan, jangan ada yang tertinggi, semua saling menyemangati," ujarnya.
 
Menurut dia, Pemprov Kalsel sangat mendukung keberangkatan kontingen tersebut dengan harapan bisa meraih prestasi yang makasih.
 
Ditambahkan Komandan Kontingen Kalsel H Gusti Perdana Kusuma, bahwa Kalsel mengikuti 42 cabang olahraga yang dipertandingkan di PON Aceh-Sumut 2024.
 
Petinggi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalsel ini menyampaikan para atlet sudah sangat siap bertanding untuk memberikan prestasi mengharumkan nama daerah.
 
"Target kita lebih baik dari PON sebelumnya," ujarnya.
 
Dia berpesan bagi atlet yang mengikuti pertandingan di Provinsi Aceh, khususnya atlet putri agar mengikuti aturan daerah tersebut yang syariah.
 
"Jadi jangan pakai pakaian celana pendek meskipun hanya turun ke lobi hotel di sana, harus mengikuti ketentuan di sana," paparnya.
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024