Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) memasang sebanyak 61 unit kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) untuk memantau pengamanan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang dijadwalkan berlangsung tanggal 8-20 September 2024.

"Pemasangan CCTV untuk memperkuat pengawasan dalam memastikan kelancaran dan keamanan kejuaraan nasional ini," ujar Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP Sonny Siregar di Medan, Rabu.

Baca juga: Hukum kemarin, adik Hendry Lie hingga pengamanan PON 2024

Sonny mengatakan, 61 unit kamera pengintai tersebut tersebar yang berada di objek vital wilayah Polda Sumut maupun arena pertandingan PON tersebut.

Lebih lanjut, dia mengatakan, untuk memperkuat pengamanan itu, Satuan Tugas (Satgas) Dalmas Polda Sumut melaksanakan patroli ke titik yang terfokus pada lokasi penting dan yang sudah terpasang CCTV di setiap cabang olahraga.

Baca juga: Polda Sumut libatkan 4.970 personel gabungan amankan PON 2024

Patroli terbagi tiga rayon, pertama berpusat operasi dari Rumah Sakit Bhayangkara untuk mengawasi lokasi seperti, MICC untuk E-Sport, Royal Sumatera pertandingan golf, Kolam Renang Selayang cabang akuatik, dan Hotel Four Point untuk bina raga.

Rayon kedua berpusat operasi di Kantor DPRD, meliputi Hotel Santika untuk dance sport, Lapangan Gateball Pergatsi gateball, GOR Veteran cabang pencak silat, kick boxing dan GOR Angsapura pertandingan tenis meja.

Baca juga: Polda Sumut siapkan pos pengamanan di setiap arena PON 2024

Rayon ketiga, berpusat operasi di GOR Astaka Pancing, mencakup sembilan lokasi, termasuk Gedung Serbaguna, lapangan futsal, gedung bowling, sirkuit race, Stadion Mini GOR Astaka Pancing, Jalur BMX, lapangan bulu tangkis, GOR Serbaguna Unimed dan Stadion Unimed.

“Melalui patroli intensif dan sistem pengawasan yang terintegrasi bertujuan untuk menjaga keamanan dan memastikan semua arena siap menyambut peserta dan pengunjung," tutur Sonny.

Dengan langkah ini, dia berharap, dapat memberikan pengalaman yang aman dan menyenangkan bagi semua pihak yang terlibat dalam PON tersebut.

Baca juga: Polda Sumut gelar operasi pekat jelang PON 2024
Baca juga: Polda Aceh siap amankan PON Aceh Sumut 2024

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024