Medan (ANTARA) - Tim futsal putra Nusa Tenggara Timur (NTT) tampil perkasa pada laga perdana PON 2024 Aceh-Sumut usai membungkam tim unggulan Jawa Timur dengan 6-4 di Gedung Futsal Dinas Pemuda Dan Olah Raga Sumut, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis.

Keenam gol NTT diciptakan oleh Delon Ansgerius Lau pada menit ke-9, Ortega Johan menit 13, Alfiano Na'u Budaya menit 17, Glenn Folkes Edward Lola menit 28, Mario Kidang menit 31, dan Elton Newton Nenotek menit 34.

Sementara keempat gol Jawa Timur dicetak oleh Sandi Kusuma Triandy pada menit 6, Mohammad Yuda Saiful Hidayat menit 14, Achmad Guntur Ramadhan menit 24, dan Fathur pada menit 27.
 
Pelatih futsal putra NTT Julinur Hafid menyatakan anak-anak asuhnya tampil cukup baik pada laga tersebut dan bermain cepat sesuai rencana awal demi meredam Jawa Timur.

Terbukti pada babak pertama mereka memimpin 3-2. Meski demikian ia mengingatkan skuadnya tetap bermain agresif pada babak kedua.

Baca juga: Laga Jatim melawan NTT awali futsal PON 2024

"Alhamdulillah kita akhirnya bisa memenangkan laga perdana ini lawan Jawa Timur. Ini tentunya modal yang sangat berharga untuk laga berikutnya besok melawan tuan rumah Sumatera Utara,"  kata dia setelah pertandingan.

Dia tetap mengeevaluasi timnya yang dinilainya masih sering kewalahan ketiga diserang.

"Anak anak masih sering lengah, terutama ketika sudah unggul. Alhasil bisa disamakan lawan, walau akhirnya kita bisa menyudahi laga dengan kemenangan. Ini yang menjadi catatan penting kami, bagaimana agar ke depannya tidak ada lagi kelengahan terutama ketika diserang lawan," kata Julinur.

Sementara pelatih futsal Jawa Timur Ambar Supriyanto menilai secara tim, pasukannya sudah bermain cukup bagus dan mengimbangi NTT.  

"Tapi karena masih grogi, banyak peluang yang tak menjadi gol. Ini akan kita evaluasi agar besok melawan DKI Jakarta, kita bisa lebih baik lagi," kata Ambar.

Baca juga: BNPT pastikan keamanan lokasi PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024