Jakarta (ANTARA) - Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Bambang Dwi Anggono mengatakan redaksi bersama telah disiapkan untuk mendukung publikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI.

"Redaksi bersama sudah kami susun bersama dengan berbagai pihak," ujar Bambang dalam media briefing Kesiapan Media Center PON XXI tahun 2024 yang digelar daring, Kamis.

Bambang menurutkan bahwa redaksi bersama ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Kominfo dengan berbagai pihak terkait, termasuk Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), serta Panitia Besar (PB) PON.

Redaksi bersama ini telah mendapatkan persetujuan resmi dengan diterbitkannya surat keputusan yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan bandwidth memadai di pusat media PON XXI

Baca juga: BNPT pastikan keamanan lokasi PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut


Adapun personil yang tergabung dalam tim redaksi ini mencakup staf dari berbagai direktorat di Kementerian Kominfo, dengan tim utama berasal dari Direktorat Pengelolaan Media Publik di bawah Direktorat Jenderal IKP Kementerian Kominfo.

Selain itu, tim ini juga melibatkan personil dari KSP, Kemenpora, KONI, dan PB PON. Bambang mengatakan personil dari pemerintah daerah juga akan bergabung dalam redaksi bersama untuk memastikan kelancaran peliputan.

Bambang mengatakan pemberitaan terkait PON XXI telah mulai disebarluaskan melalui berbagai rilis yang diterbitkan secara bertahap.

Informasi utama mengenai PON dapat diakses melalui situs web resmi ponxxi-acehsumut.id, yang menjadi pusat informasi utama dalam penyelenggaraan PON.

Selain itu, informasi terkait jadwal pertandingan dan atlet dapat diakses melalui situs yang dikelola oleh KONI dan PB PON di laman wrs.gmsmate.com/ponxxi2024.

"Di sana bapak ibu bisa menyimak. Tim ini sudah efektif bekerja dan pemberitaannya juga sudah disampaikan, kemudian publikasinya juga sudah disampaikan, sudah rilis melalui website ini," kata dia.

Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa Kementerian Kominfo telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan agar informasi terkait PON dapat tersebar luas.

Kementerian Kominfo, kata dia, juga telah mengirimkan surat kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah melalui berbagai kanal resmi yang dimiliki pemerintah, seperti Bako Humas agar penyelenggaraan PON bisa menjadi lebih meriah.

"Kami sangat terbuka dan sangat ingin mendapatkan masukan dari seluruh media kiranya yang kita bisa membuat inovasi-inovasi baru, bisa memeriahkan, bisa memandang sisi lain PON ini menjadi satu yang luar biasa, dan sekaligus yang sangat penting ajang olahraga ini bisa menjadi pemersatu bangsa," pungkas dia.

PON 2024 di Aceh dan Sumut digelar pada 8-20 September 2024. Pesta olahraga multicabang nasional itu akan dibuka di Aceh dan ditutup di Sumatera Utara.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan ragam fasilitas di pusat media PON XXI

Baca juga: Wamenkominfo sebut PON XXI Aceh-Sumut jadi momentum mengenalkan UMKM

Baca juga: Kemenkominfo siapkan dukungan sarana telekomunikasi untuk PON XXI

 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024