Medan (ANTARA) - Kontingen DKI Jakarta kembali meraih medali emas dari cabang olahraga senam artistik pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. 

Medali emas DKI Jakarta tersebut disumbangkan Nadia Indah Amalia setelah memperoleh total 45,732 poin dari empat nomor yang dipertandingkan atau nomor serba bisa putri.

"Tidak sangka memperoleh emas ini. Keberhasilan ini berkat usaha yang selama ini dilakukan," ujar Nadia usai pertandingan, di Medan, Kamis.

Menurutnya, persaingan senam artistik tunggal nomor serba bisa putri pada ajang olahraga nasional ini cukup ketat. Namun, berkat kerja keras dan bimbingan pelatih menjadi motivasi sehingga mampu meraih medali emas.

"Jawa Timur menjadi pesaing paling ketat karena skil-nya mirip-mirip," kata Nadia.

Nadia mengaku bahwa medali emas ini merupakan pertama kali yang diperoleh selama perhelatan PON yang di ikuti. Pada PON Papua, Nadia hanya mampu memperoleh medali perak dan perunggu di dua nomor berbeda.

Baca juga: Riau dan Jakarta peringkat pertama di klasemen sementara PON 2024

Ke depan, dirinya akan lebih tampil maksimal sehingga dapat memberikan yang terbaik untuk daerah DKI Jakarta.

"Tetap fokus agar bisa memberikan penampilan yang terbaik," ujar Nadia

Sang Pelatih Eva Novalina Butar- Butar mengaku seluruh pesenam DKI Jakarta telah memberikan penampilan terbaiknya di PON 2024.

Keberhasilan Nadia, kata dia merupakan buah kesabaran dan kedisiplinan yang diterapkan selama pertandingan senam artistik ini.

"Secara skil semua nya sudah baik. Untuk kali ini siapa yang tampil rapi dia yang juara. Karena skil nya mirip mirip semua," ujar Eva.

Nadia Indah Amalia berhasil mengungguli rekan setim-nya Trithalia yang hanya mampu memperoleh medali perak dengan mengumpulkan 45,365 poin.

Sementara juara ketiga diraih Jawa Timur yang diperkuat Salsabila Hadi Pamungkas yang memperoleh total 45,132 poin.

Baca juga: Tim senam artistik beregu putri DKI Jakarta sabet emas di PON 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024