Pelaksanaan PON di Aceh sebuah peluang emas untuk membangkitkan industri pariwisata dan UMKM Aceh.
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat siap menggelar 21 kegiatan yang dikemas dengan event akbar Aceh Festival 2024 untuk memeriahkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

"Beragam event ini bertujuan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi peserta PON dan wisatawan yang berkunjung saat event olahraga tingkat nasional di Aceh," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Almuniza Kamal, di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan Aceh Festival 2024 hadir atas inisiatif Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh yang berkolaborasi dengan berbagai SKPA dan SKPK, serta lembaga kementerian terkait lainnya di Aceh.

Event yang ditampilkan meliputi festival budaya, pameran UMKM/ekonomi kreatif, kuliner tradisional, pertunjukan seni, serta paket wisata khusus untuk mengeksplorasi destinasi-destinasi wisata ikonik di Aceh.

“Pelaksanaan PON di Aceh sebuah peluang emas untuk membangkitkan industri pariwisata dan UMKM Aceh, karena itu kami menyiapkan 21 event budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif yang dikemas dalam Aceh Festival 2024,” kata Almuniza.

Dia menjelaskan semua event itu akan digelar sebelum dan selama berlangsungnya PON XXI di Aceh. Lokasi event tersebar di 8 kabupaten kota yang mayoritasnya juga menjadi venue pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut pada 8-20 September mendatang.

Disbudpar Aceh dan pihak terkait terus mematangkan pagelaran beragam event tersebut.

Ia berharap event yang ditampilkan dapat memperkuat citra Aceh sebagai destinasi wisata unggulan sekaligus menyemarakkan perhelatan olahraga terbesar di Indonesia.

"Melalui event ini, para peserta PON dan wisatawan dapat lebih mengenal dan mencintai Aceh, tidak hanya dari segi olahraganya tetapi juga dari sisi kekayaan budaya dan alam yang dimilikinya," kata Almuniza yang juga Wakil Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran PON XXI Wilayah Aceh.

Ia berharap kehadiran Aceh Festival dapat menjadi hiburan dan pengalaman yang bernilai dan mengesankan bagi partisipan PON di Aceh dan wisatawan secara umum, di samping juga untuk meningkatkan perekonomian Aceh.

Almuniza juga berharap seluruh masyarakat ikut menyukseskan pelaksanaan rangkaian kegiatan Aceh Festival, agar pelaksanaan PON XXI khususnya di wilayah Aceh memiliki pengalaman dan cerita positif bagi tamu PON dan juga wisatawan yang akan berkunjung ke Aceh nantinya.

Bagi yang ingin mengetahui informasi secara lengkap beragam event Aceh Festival 2024 dan informasi lainnya, Anda dapat mendapatkan buku petunjuk/panduan digital (e-guidebook) pada barcode dan kanal dalam laman website https://disbudpar.acehprov.go.id/ - https://acehtourism.travel/ serta platform digital terkait.
Baca juga: Abiyu Rafi raih emas kedua cabor senam PON XXI Aceh-Sumut 
Baca juga: PLN siapkan 25 SPKLU di Aceh sambut  PON XXI Aceh – Sumut

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024