Bratislava (ANTARA News) - Slowakia telah melakukan tindakan khusus untuk memperkuat penjagaan di perbatasan dengan Ukraina, kata Menteri Dalam Negeri Robert Kalinak setelah sidang Kabinet pada Rabu (16/4).

Kalinek juga menyatakan ia tak bisa menjelaskan secara khusus apa langkah yang dilakukan di perbatasan sepanjang 98 kilometer di bagian timur negeri tersebut.

"Kami telah meningkatkan kesiapan dan kegiatan kami. Kami mengesahkan langkah darurat. Kalau kalian melihat peningkatan kegiatan tentara kami di Slowakia Timur, itu tentu saja berkaitan dengan tindakan ini," kata Kalinak sebagaimana dikutip Xinhua.

Menurut Kalinak, Slowakia sudah menerima empat permintaan pertama bagi suaka dari Ukraina. Ia menambahkan Slowakia siap untuk bersikap sangat terbuka dalam prosedur itu.

Mengenai pasokan gas buat Slowakia, Menteri Ekonomi Thomas Malatinsky mengatakan, "Tentu saja, setiap konflik mengancam keamanan energi Slowakia. Namun Slowakia sejauh ini tak memiliki alasan untuk khawatir, sebab pasokan gas berlangsung dengan cara standar."

Pada awal April, perusahaan Rusia Gazprom memberlakukan dua kenaikan harga untuk gas yang dipasok ke Ukraina. Sebagai reaksi atas tindakan tersebut, Kiev melancarkan pembicaraan darurat dengan tetangganya di Uni Eropa dan telah meminta bantuan pasokan gas.

Pembicaraan tiga-pihak antara Slowakia, Ukraina dan Komisi Eropa telah dimulai, tapi belum berakhir.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2014