Rio de Janeiro (ANTARA News) - Brasil meluncurkan program kampanye nasional melawan eksploitasi seksual terhadap anak sementara bersiap menjadi tuan rumah bagi jutaan pengunjung yang akan menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2014

Kampanye dengan slogan "Jangan berpaling" yang diluncurkan pada Rabu (16/4) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kejahatan dan mendorong masyarakat untuk melaporkan kejahatan seksual terhadap anak.

Sebagai bagian dari kampanye, pemerintah setempat mempromosikan nomor layanan telepon yang disebut Disk-100 yang bisa digunakan orang untuk melaporkan kejahatan seksual terhadap anak.

Pemain sepakbola Kaka dan Juninho Pernambucano, yang pernah bermain untuk tim nasional Brasil, ikut berpartisipasi dalam kampanye yang sedang dipublikasikan di berbagai media massa tersebut dan ditampilkan dalam spanduk-spanduk besar di tempat-tempat strategis itu.

"Brasil akan menerima banyak wisatawan dan kami punya reputasi sebagai sebuah negara yang kebal hukum," kata Juninho Pernambucano yang bermain untuk Brasil di Piala Dunia 2006, Jerman.

"Saya seorang ayah dari tiga putri dan saya datang dari timur laut, tempat eksploitasi jauh lebih luas dibandingkan dengan daerah lain," katanya seperti dilansir kantor berita Xinhua.

"Kampanye ini bertujuan untuk menyelamatkan anak-anak dan remaja negara ini dari situasi sulit " tambahnya.

Kampanye yang dikoordinasi oleh National Mayors' Front (FNP) dan Social Services Industry (SESI) itu merupakan bagian dari inisiatif internasional yang diluncurkan tahun 2012 di Eropa.

Penerjemah:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2014