Medan (ANTARA) - Kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) Provinsi Riau menjadi juara umum pada cabang olahraga senam artistik dengan meraih enam medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut.

Riau berhasil juara setelah para pesenam artistiknya meraih 11 medali yang terdiri dari enam emas, tiga perak dan dua perunggu di cabang senam artistik di semua nomor kategori putra-putri.

Medali emas pertama Riau diperoleh dari cabang senam artistik beregu putra yang mengumpulkan 224,226 poin dari enam nomor yang dipertandingkan.

Setelah itu, medali emas Riau datang dari Abiyu Raffi yang meraih tiga emas setelah unggul di senam perseorangan nomor serba bisa, nomor senam lantai dan palang sejajar.

Agung Suci Tantio Akbar yang sebelumnya telah meraih emas di nomor perseorangan kuda pelana senam artistik. Kini dirinya menambah dua medali yang terdiri dari satu emas dan satu perak.

Sementara, pesenam Riau lainnya M Aprizal memperoleh dua medali perak dan satu medali perunggu serta Puja Sri Syafitri juga menyumbangkan medali untuk Riau setelah meraih medali perunggu.

Dengan perolehan tersebut, Riau keluar menjadi juara umum cabang olahraga senam artistik setelah mengungguli DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Baca juga: Kontingen Riau tambah dua emas dari cabang senam artistik di PON 2024
Baca juga: Jawa Timur tampil maksimal di senam artistik raih dua medali emas


DKI Jakarta meraih lima emas, tiga perak satu perunggu atau memperoleh sembilan medali. Lalu, Jawa Timur meraih tiga emas, empat perak, dua perunggu.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Senam Indonesia (Persani) Riau
Novilia mengatakan raihan tersebut merupakan hasil kerja keras yang selama ini dilakukan secara rutin.

Pada PON 2024, kata dia, kontingen cabang olahraga senam artistik menargetkan sebanyak tiga medali emas.

"Sebenarnya target-nya hanya tiga. PON di Sumut ini meningkat100 persen," ujar Novila, di Medan, Sabtu.

Cabang senam artistik merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan di PON 2024. Perhelatan ajang olahraga itu dilaksanakan di Gedung Serba Guna Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara Kabupaten Deli Serdang sejak 28 Agustus 2024.

Senam artistik PON 2024 diikuti 36 atlet dari 16 provinsi yang terdiri dari kategori putra dan putri yang memperebutkan 14 medali emas.

Baca juga: Ameera Rajmajanni Hariadi raih medali emas di senam artistik PON 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024