Yogyakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta mulai melayani penjualan tiket untuk Lebaran.

"Tiket kereta api sudah bisa dipesan untuk H-90 keberangkatan. Artinya, tiket untuk Lebaran sudah bisa dipesan saat ini," kata Pelaksana Harian Manejer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta Sumarsono di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, pemesanan tiket H-90 baru diberlakukan untuk kereta api reguler, sedangkan pemesanan tiket kereta tambahan belum dapat dilayani karena PT KAI belum menetapkan kereta tambahan yang akan dijalankan selama angkutan Lebaran 2014.

Namun demikian, lanjut Sumarsono, pemesanan tiket kereta api untuk Lebaran dari Daerah Operasi VI Yogyakarta belum terlalu banyak karena Yogyakarta adalah tujuan para pemudik.

"Reservasi tiket dari Daerah Operasi VI Yogyakarta baru akan ramai untuk keberangkatan saat arus balik," katanya.

Ia menambahkan, PT KAI baru akan menetapkan rencana operasi Angkutan Lebaran 2014 sekitar satu bulan sebelum Lebaran.

"Setelah rencana operasi ditetapkan, baru akan diketahui jumlah kereta yang diberangkatkan, termasuk kereta tambahan dan jumlah tempat duduk yang tersedia," katanya.

Pemesanan tiket kereta api jarak jauh dapat dilakukan di stasiun, online atau di tempat lain yang telah bekerja sama dengan PT KAI seperti minimarket waralaba, kantor pos dan tempat pemesanan lainnya.

Identitas penumpang yang tercantum di tiket juga harus sama dengan identitas penumpang yang berangkat dan PT KAI akan memberlakukan okupansi maksimal 100 persen untuk seluruh kereta.

Pemesanan tiket H-90 baru dapat dilayani untuk kereta api jarak jauh, sedangkan untuk kereta komuter seperti Ajisaka relasi Lempuyangan Kutoarjo, atau Kalijaga relasi Purwosari-Semarang belum dapat dilayani.

"Pemesanan tiket kereta komuter tersebut baru dapat dilayani saat hari keberangkatan saja, belum bisa dipesan jauh hari sebelumnya," katanya.


Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2014