Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat sosialisasikan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut lewat program KONI Fun Run 5K di FX Sudirman, Jakarta, Minggu.

Gelaran acara yang diinisiasi oleh KONI Pusat bersama dengan Juaraga selaku jenama resmi mechandise PON 2024 tersebut dimeriahkan oleh 500 pelari dari Social Run.

"Acara hari ini adalah kami membuat Fun Run dalam rangka Road to PON 21 2024 Aceh-Sumatera Utara. Kita ketahui bahwa masa PON ini akan dibuka pada 9 September sampai 20 September yang akan datang...Oleh karena kita berusaha memanfaatkan sisa waktu yang ada, terus sosialisasi kepada masyarakat Indonesia, bahwa akan ada multi-event nasional terbesar yang dilakukan di Aceh dan Sumatera Utara," kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn. Marciano Norman kepada pewarta.

Fun Run 5K ini mengambil rute dari FX Sudirman menuju Bundaran HI lalu berjalan memutar melewati area Bundaran Senayan dan finis kembali di FX Sudirman.

"Ini adalah PON pertama di dua provinsi, PON pertama yang diikuti oleh 38 provinsi dan satu IKN. Oleh karenanya, saya mengajak pada 9 September sampai 20 September, itu merupakan waktu di mana kami mengajak masyarakat Indonesia mencintai olahraganya, kualitasnya ditingkatkan," himbau Marciano Norman.

Tidak hanya ajang lari namun terdapat beberapa kegiatan lain kegiatan tersebut di isi dengan tarian tradisional, fashion show, serta penampilan menarik lainnya dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024.

"Kalau dari kami harapan penyelenggaraan acara ini tentunya terutama untuk anak-anak muda agar mereka bisa terinformasi dan teredukasi dengan adanya pekan olahraga nasional apa itu PON," kata perwakilan penyelenggara KONI Fun Run 5K, Matthew Sarman.

"Selain itu juga untuk mensosialisasikan pentingnya memiliki gaya hidup sehat dan tentunya bisa terus saling bersinergi untuk menunjukkan bahwa acara nasional pun bisa mencakupi standar internasional seperti SEA Games dan Asian Games. Tapi ultimately harapan kami untuk PON tahun ini untuk bisa lebih sukses dan lebih besar," imbuh Matthew.


Baca juga: Kontingen Riau juara umum cabang senam artistik di PON 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024