Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan Jepang, Mitsui & Co Ltd ditunjuk PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II sebagai mitra guna mengoperasikan terminal kontainer 1 (CT1) Newpriok yang merupakan perluasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Mitsui dipercaya dapat memberikan nilai tambah bagi dunia kepelabuhanan di Indonesia," kata Direktur Utama PT Pelindo II Richard Jose Lino di Jakarta, Sabtu.

Menurut RJ Lino, perusahaan asal Jepang itu juga dinilai bakal memberikan kontribusi guna membangun fasilitas yang setara dengan pelabuhan di negara maju.

Ia mengemukakan, pembangunan CT1 merupakan upaya untuk melayani lalu lintas kargo di Indonesia lebih cepat dengan tarif logistik yang lebih murah.

Selain itu, ujar dia, proyek pembangunan konstruksi CT1 yang telah dimulai pada akhir 2012 dijadwalkan akan siap dioperasikan pada akhir 2014.

"Kerja sama ini akan memberikan keuntungan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah mendorong pertumbuhan volume ekspor, terutama dengan tujuan ke Eropa dan Amerika Serikat," katanya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2014