Jakarta (ANTARA) - Cabang olahraga ice skating akan memulai kiprahnya di kancah nasional setelah masuk dalam pertandingan ekshibisi Pekan Olahraga Nasional 2024 Aceh-Sumatera Utara.

PON ke-21 tahun ini digelar 9 - 20 September 2024 di Aceh & Sumatra Utara. Seluruh atlet terbaik dari 39 Provinsi akan bertanding dengan maksimal demi meraih hasil terbaik untuk daerah asalnya.

PON kali ini diperkirakan akan diikuti 5.636 atlet dan 2.752 ofisial yang akan bertanding di Aceh. Sedangkan 6.281 atlet serta 3.140 ofisial lainnya akan bertanding di Sumut.

Total 34 cabor dengan 46 disiplin dan 528 nomor yang akan dipertandingkan termasuk beberapa cabor baru dan cabor yang bakal diujicobakan secara ekshibisi pada gelaran PON kali ini.

Salah satu cabor yang akan diujicobakan pada PON 2024 adalah Ice skating.

Selain Ice Skating, daftar cabor ekshibisi lainnya adalah padel, teqball, floorball, pickleball, mix martial art, bola tangan pantai, dan panahan berkuda.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jendral Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Desra Firza Ghazfan mengatakan, cabang ice skating berkemungkinan menjadi wakil cabor Indonesia yang lolos pertama kali ke Olimpiade Musim Dingin.

Pertandingan ekshibisi sekaligus Road to Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024 cabor ice skating ini sendiri telah dilaksanakan pada 19 Agustus lalu di Oasis Center Arena, AEON Mall Jakarta Garden City.

Ekshibisi tersebut dibuka resmi oleh Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

Ekshibisi kali ini diikuti sekitar 40 atlet dari 7 provinsi, antara lain Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Diharapkan jumlah tersebut akan meningkat seiring berhasilnya sosialisasi Ice Skating di seluruh Indonesia kedepannya.

Penyelenggaraan kompetisi Ice Skating ditargetkan akan diikuti mayoritas provinsi di Tanah Air.

Baca juga: Jadwal cabor voli indoor di PON 2024

Baca juga: Bisbol - Banten tekuk Lampung 16-14 pada laga pembuka PON XXI

Baca juga: Juara bertahan bisbol DKI Jakarta lumat Bali dengan skor telak

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024