Banjarmasin (ANTARA) - Kontingen Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengandalkan atlet cabang olahraga dayung Eko Ramdhani untuk meraih medali pertama pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Pelatih dayung Kalimantan Selatan Donny Wirawan yang dikonfirmasi di Banjarmasin, Senin, mengharapkan Eko dapat menunjukkan kemampuan terbaik pada PON 2024.

Donny mengatakan, atlet dayung Kalsel mulai bertanding di Bendungan Keuliling, Aceh Barat, Senin, dan mereka akan bertanding pada tiga nomor, yakni kano 1-1000 meter putra, Kano 1-1000 meter putri dan kayak 1-1000 meter putri.

Donny menuturkan atlet Eko Ramadhani menjadi andalan bagi Kalsel pada nomor kano 1-1.000 meter putra karena pedayung muda itu pernah mewakili Indonesia pada Asian Canoe Sprint Junior & U23 Championship.

“Dia berhasil finis pada posisi keenam nomor Kano 1-1000 meter putra,” tutur Donny.

Donny mengungkapkan venue untuk cabang olahraga dayung cukup representatif, namun kendala awal hanya angin kencang dari arah depan.

Sebelumnya tim dayung Kalsel sudah beberapa kali menjalani latihan sekaligus uji venue untuk beradaptasi.

Sementara itu, atlet dayung asal Kalsel Eko Ramadhani mengaku kondisi venue cukup bagus dengan cuaca sejuk dan air cukup tenang.

“Hanya saja saat sore angin cukup kencang ditambah ombak yang cukup tinggi, tapi saya sudah mengantisipasinya,” ucap Eko.

Eko menuturkan enggan jemawa, namun bakal mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik dan siap memberikan perlawanan kepada pedayung andalan dari daerah lain.

“Semoga bisa meraih medali dan bisa menampilkan yang terbaik, tentu semoga saja catatan waktunya bisa menyerupai atau lebih baik saat berlatih di Banjarmasin, doakan saja,” ujar Eko.

Baca juga: Sultra bidik medali emas kano PON XXI
Baca juga: Cabor dayung jadi salah satu sumber medali emas Jabar
Baca juga: Ratusan atlet dayung perebutkan 45 medali emas di BK PON 2024

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024