Paris (ANTARA News) - Jerman mencapai final Piala Fed pertama mereka sejak 1992 pada Minggu, di mana mereka akan menghadapi Republik Ceko yang tampil tiga kali dalam empat pertandingan penentu gelar terakhir.

Jerman melengkapi kemenangan 3-1 atas Australia di Brisbane sedangkan Ceko, juara 2011 dan 2012, mengalahkan juara bertahan Italia 4-0 di Ostrava, lapor AFP.

Republik Ceko akan menjadi tuan rumah final pada 8-9 November.

Angelique Kerber membawa Jerman ke final pertama mereka dalam rentang waktu 22 tahun - ketika Steffi Graf menjadi bintang saat mereka menang atas Spanyol - melalui pertarungan melawan Samantha Stosur.

Petenis peringkat tujuh dunia Kerber bangkit dari tertinggal di set pembuka untuk mengalahkan mantan juara AS Terbuka Stosur dengan 4-6, 6-0, 6-4 dalam waktu dua jam 14 menit untuk membuat Jerman unggul 3-0.

Pasangan Australia Casey Dellacqua dan Ashleigh Barty mencegah timnya tersingkir lebih dini ketika mereka memenangi pertandingan nomor ganda 6-2, 6-7 (5/7), 10-2 atas Julia Goerges dan Anna-Lena Gronefeld.

"Ini merupakan saat yang sangat istimewa bagi saya dan keseluruhan tim," kata Kerber.

"Ini terasa hebat. Saya memainkan pertandingan bagus namun ini juga berat karena Sam juga bermain sangat tangguh dan saya tidak pernah mengalahkan dia sebelumnya."

Jerman merayakan kemenangan mereka saat terbang pulang ke Eropa, dengan menggunakan piyama.

"Kami akan pulang dengan mengenakan piyama, itulah kesepakatannya," kata Andrea Petkovic kepada SID, anak perusahaan AFP, setelah sebelumnya tim mengatakan mereka akan mengenakan pakaian tidur, yang merupakah hadiah dari tim Australia, untuk penerbangan pulang selama 24 jam via Dubai, jika mereka menang.

Masih ada alasan-alasan praktis lain untuk pemilihan busana yang tidak biasa itu.

Setelah tiba di Jerman, Kerber dan Petkovic akan langsung terbang ke Stuttgart untuk turnamen lapangan tanah liat WTA, yang akan dimulai pada Senin, dan mereka akan perlu memaksimalkan waktu istirahat yang dimiliki sebelum kembali bertanding pada Selasa atau Rabu.

"Secara keseluruhan ini sangat mengecewakan, khususnya ketika Anda tidak lolos," kata Stosur.

"Saya tidak tahu apakah saya mampu berjuang lebih keras lagi daripada yang saya lakukan di pertandingan itu."

Di Ostrava, Petra Kvitova, petenis peringkat enam dunia dan mantan juara Wimbledon, mengalahkan petenis peringkat 20 dunia Roberta Vinci 6-3, 7-5 dalam waktu satu setengah jam untuk membuat Ceko unggul 3-0.

Klara Koukalova dan Andrea Hlavackova kemudian mendapatkan angka keempat bagi tuan rumah setelah mengalahkan Camila Giorgi dan Karin Knapp 6-2, 5-7, 11-9 pada pertandingan nomor ganda.

"Saya gembira kami mampu melakukannya dan akan menjadi kegembiraan bagi seluruh negeri untuk kembali menyelenggarakan pertandingan final," kata Kvitova, memuji sesama petenis yang disebutnya sebagai "tim super."

Pada play off Grup Dunia, di mana para pemenang akan bermain di kelompok elit pada 2015, Rusia, yang bermain tanpa Maria Sharapova, menaklukkan Argentina 4-0 di kota tuan rumah Olimpiade Musim Dingin Sochi.

Di Barcelona, petenis peringkat ketiga dunia Agnieszka Radwanska mengumpulkan tiga angka sepanjang akhir pekan ketika Polandia mengalahkan Spanyol 3-2.

Radwanska memenangi nomor tunggal dan kemudian berduet dengan Alicia Rosolka untuk menaklukkan Anabel Medina-Garrigues 6-4, 6-2 pada pertandingan ganda yang menentukan.

Di Quebec, Kanada unggul 2-0 atas Slovakia sedangkan AS dan Prancis mencatatkan skor imbang 1-1 setelah pertandingan nomor tunggal pada Sabtu.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014