Jakarta (ANTARA) -
PT Angkasa Pura Aviasi selaku pengelola Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, menyediakan sejumlah fasilitas khusus untuk kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara, guna mendukung kegiatan tersebut.
 
Berdasarkan data dari PT Angkasa Pura Aviasi, fasilitas yang diberikan berupa jalur khusus untuk penjemputan kontingen PON dari berbagai provinsi.
 
Fasilitas itu dibuat untuk memudahkan para atlet dan ofisial, guna berkumpul dan mengumpulkan barang atau bagasi secara bersama.
 
Selain itu, penyediaan lounge atau ruang santai khusus untuk registrasi, maupun tempat transit sebelum penjemputan juga disiapkan, sehingga membantu memudahkan kontingen yang tiba di bandara tersebut.
 
Kemudian, fasilitas berikutnya adalah posko PON 2024, yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi pusat informasi bagi kontingen, media, dan kebutuhan lainnya.
 
Posko itu sudah mulai beroperasi sejak 23 Agustus lalu dan berakhir sampai tahapan penyelenggaraan PON selesai.
 
 
Posko informasi disediakan PT Angkasa Pura Aviasi untuk kontingen PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. ANTARA/HO-PT Angkasa Pura Aviasi
 
Data dari PT Angkasa Pura Aviasi juga menyebutkan, untuk mempromosikan budaya tuan rumah, pengelola Bandara Kualanamu juga menyambut para tamu dengan tarian khas Sumatera Utara, guna menghibur dan meningkatkan rasa nyaman pengguna jasa transportasi.
 
PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 bertema "Dengan Semangat Bersatu Kita Juara, Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024".
 
Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak total 67, dengan pembagian 33 dipertandingkan di Aceh dan 34 di Sumatera Utara.
 
Penyelenggaraan multievent olahraga nasional itu akan melibatkan lebih dari lima ribu atlet dan dua ribu lebih ofisial.


Baca juga: PON XXI diyakini membuka peluang usaha dan lapangan kerja

Baca juga: Okupansi hotel di Medan naik 100 persen selama PON XXI

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024