Medan (ANTARA) - Sebanyak lima tim polo air putra akan bersaing pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatra Utara di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumatera Utara mulai Rabu (4/9) hingga Minggu (8/9).

Dengan menggunakan sistem round robin, lima tim peserta yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Sumatera Selatan, dan Jambi akan saling berhadapan satu sama lain untuk mendulang poin tertinggi.

Jambi dan DKI Jakarta akan membuka persaingan dalam pesta olahraga terbesar di Tanah Air tersebut pada Rabu (4/9) pukul 14.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pertandingan antara D.I Yogyakarta versus Sumatera Selatan.

Panitia Pelaksana Cabang Olahraga Akuatik untuk Polo Air Danil Junaidy Daulay kepada Antara di Medan, Selasa, mengatakan persaingan di sektor putra akan berlangsung sengit.

"Tim yang kuat untuk polo air putra biasanya dari Jawa Barat dan DKI, tetapi Sumatera Selatan dan Jambi yang mewakili Pulau Sumatera tidak bisa dianggap enteng. Pun demikian dengan Yogyakarta. Tentu ini akan menarik," kata Danil.

Tim polo air putra Jawa Barat pada PON 2024 hadir sebagai juara bertahan. Pada PON edisi sebelumnya di Papua, Bumi Pasundan memastikan medali emas usai mengalahkan DKI Jakarta dengan skor 8-5 sekaligus untuk memuncaki klasemen akhir dengan 12 poin.

Adapun pada PON 2024, sebelumnya telah berlangsung pertandingan sektor putri yang diikuti tiga tim yakni Jawa Barat, D.I Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

Dengan diikuti tiga peserta, hanya emas yang diperebutkan dalam pertandingan tersebut dan Jawa Barat menjadi pemiliknya. Kemenangan Jawa Barat sekaligus memutus torehan DKI yang dalam tiga PON edisi sebelumnya selalu membawa pulang emas.

Berikut Jadwal Pertandingan Polo Air Putra PON 2024 Aceh-Sumut

Rabu (4/9)
14.00 WIB - Jambi vs DKI Jakarta
16.00 - D.I Yogyakarta vs Sumatera Selatan

Kamis (5/9)
14.00 - DKI Jakarta vs Sumatera Selatan
16.00 - Jambi vs Jawa Barat

Jumat (6/9)
14.30 - Sumatera Selatan vs Jawa Barat
16.30 - DKI Jakarta vs D.I Yogyakarta

Sabtu (7/9)
14.00 - Jawa Barat vs D.I Yogyakarta
16.00 - Sumatera Selatan vs Jambi

Minggu (14/9)
14.00 - D.I Yogyakarta vs Jambi
16.00 - Jawa Barat vs DKI Jakarta

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024