Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh bersama PB PON XXI Aceh-Sumut wilayah Aceh menyediakan sebanyak tujuh ribu undangan gratis untuk masyarakat agar dapat menyaksikan perhelatan pembukaan ajang olahraga nasional tersebut.

"Untuk mengakomodir animo masyarakat yang ingin menyaksikan pembukaan PON XXI di SHB, kita telah menyiapkan tujuh ribu undangan gratis kepada masyarakat Aceh," kata Sekretaris PB PON XXI Aceh-Sumut wilayah Aceh, M Nasir Syamaun, di Banda Aceh, Selasa.

Seperti diketahui, pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 bakal berlangsung di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh pada 9 September nanti. Dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Nasir mengatakan, perhelatan akbar PON merupakan sejarah bagi Aceh. Karena itu, momentum ini disambut gegap gempita dan antusias oleh masyarakat di seluruh Aceh.

Sebagai tuan rumah, warga Aceh tentu sangat berkeinginan menyaksikan langsung upacara pembukaan PON tersebut. Tetapi, mengingat kapasitas stadion hanya 17 ribu tempat duduk, tentunya tidak bisa menampung terlalu banyak.

Apalagi, upacara pembukaan PON nantinya juga dihadiri para kontingen dan tamu undangan dari 38 Provinsi se-Indonesia plus IKN, yang terdiri dari para atlet dan offisial, menteri, gubernur dan Forkopimda seluruh Indonesia hingga bupati/wali kota seluruh Indonesia.

“PON XXI adalah sejarah bagi kita, maka Pemerintah Aceh bersama PB PON XXI Aceh berkeinginan masyarakat ikut serta dalam upacara pembukaan. Karena keterbatasan tempat, kita tentu tidak bisa mengakomodir seluruhnya,” ujarnya.

Maka dari itu, panitia hanya menyiapkan tujuh ribu undangan gratis yang terdiri atas empat ribu untuk masyarakat seluruh Aceh dan tiga ribu bagi warga di sekitar stadion, yaitu Banda Aceh dan Aceh Besar.

Dirinya menjelaskan, terhadap empat ribu untuk bagi masyarakat seluruh Aceh, maka bisa mendapatkan nya melalui pendaftaran pada link https://ponxxiaceh.com/.

“Sementara untuk tiga ribu undangan lainnya akan dibagikan kepada masyarakat di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar, diajukan oleh Keuchik dari kedua daerah tersebut, dan ini semua gratis,” katanya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang tidak mendapatkan undangan pembukaan tersebut, maka dapat mengikutinya lewat kegiatan nonton bareng yang diadakan PB PON Aceh, untuk lokasinya akan diumumkan segera.

Selain itu, dirinya juga menuturkan kepada semuanya yang ingin menyaksikan setiap pertandingan PON, masyarakat Aceh dapat menonton langsung secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

“Namun, tentu saja harus menyesuaikan dengan kapasitas kursi yang ada pada setiap venue pertandingan," demikian M Nasir Syamaun.


Baca juga: Pembukaan PON Aceh-Sumut tampilkan kesenian dan sejarah pahlawan

Baca juga: Menpora tetapkan pembukaan PON Aceh-Sumut pada 9 September 2024

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024