Medan (ANTARA) - Tim futsal putra Jawa Timur membuka peluang melangkah ke babak semifinal futsal PON Aceh-Sumut 2024 setelah mengalahkan Sulawesi Barat dengan skor 4-1 pada babak penyisihan Grup A.

Pada laga yang digelar di GOR Futsal Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa, gol tim Jawa Timur masing-masing dicetak Rayhan Putra Bayu Aji pada menit ke-8, Diaz Firman Maulana menit ke-24, dan Moh Alexandros menit ke-28 dan ke-32, sementara gol Sulawesi Barat dicetak Try Rezki Putra Arwi pada menit ke-26.

"Hari ini Alhamdulillah tiga poin dan membuka peluang ke babak selanjutnya. Ini jadi motivasi kami untuk menghadapi tuan rumah besok di laga terakhir babak penyisihan," kata pelatih futsal Jawa Timur Ambar Supriyanto. 

Menghadapi Sumut, ia mengaku tidak menyiapkan strategi khusus namun dia memastikan kedua tim akan tampil maksimal.

"Tidak ada strategi khusus lawan Sumut, sama-sama menentukan bagai final. Sumut tim bagus, apalagi main di rumah sendiri. DKI saja dihajar Sumut, kita hargai Sumut. Semua pemain Sumut wajib diwaspadai," ujarnya.

Kapten tim futsal putra Jatim Moch Alex Sandro bersyukur dengan hasil ini. Selanjutnya dia dan tim akan melakukan pemulihan untuk menghadapi laga krusial melawan tuan rumah Sumut.

"Alhamdulillah kita diberi kemenangan. Ini kerja keras tim, pelatih, dan berkat doa para orang tua kami," katanya.

Sementara pelatih futsal Sulawesi Barat Yolla Hendro mengevaluasi dari segi mental pemainnya. Diakuinya, mental anak-anak Sulbar gugup hingga berujung blunder fatal.

"Kami dari segi mental goyah, membuat kesalahan sendiri. Pertandingan ini mental faktor utama kekalahan kami. Jatim lebih baik dan siap," katanya.

Baca juga: Futsal - Tim Putra Kalimantan Timur pastikan tiket semifinal PON 2024

Dengan tambahan tiga poin tersebut, Jawa Timur saat ini mengkoleksi total enam poin dari dua kali menang dan sekali kalah, sementara Sulawesi Barat belum meraih poin karena menelan tiga kekalahan.

Untuk Grup A, Sumatera Utara masih memimpin klasemen sementara dengan tujuh poin, sementara Jawa Timur dan DKI Jakarta masing-masing mengkoleksi enam poin, dan di posisi berikutnya NTT dengan empat poin.

Sumut, Jatim, DKI Jakarta, dan NTT seluruhnya berpeluang ke semifinal. Namun DKI Jakarta sudah menyelesaikan semua laga, sementara Sumut, Jatim, dan NTT masih menyisakan satu laga lagi.

Baca juga: Futsal - Tim Putri Sumut pastikan  tiket semifinal PON 2024
Baca juga: Futsal - Tim Putri Papua Barat jaga peluang  lolos semifinal


Pewarta: Juraidi
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024