Banda Aceh (ANTARA) - Tim bisbol DKI Jakarta menambah kemenangan dalam laga lanjutan babak penyisihan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut saat melawan Banten dengan skor 9-2 di Lapangan Tugu Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu.

Pelatih Kepala Tim Bisbol DKI Jakarta Gilberto Sayogo merasa sangat bersyukur atas kemenangan tersebut, yang mana tim juara bertahan itu berhasil menyapu bersih empat pertandingan dengan kemenangan.

"Jadi memang ini yang selalu kami persiapkan, setiap pertandingan tetap kami anggap itu final," ujar Gilberto.

DKI Jakarta dan Banten mengawali pertandingan sangat ketat. Keduanya sama-sama bermain cukup baik dari sisi pertahanan, sehingga keduanya tak mampu satu pun mencuri poin.

Inning kedua, juara bertahan DKI Jakarta bermain menekan saat giliran menyerang. Anak asuh Gilberto Sayogo itu berhasil mengamankan tiga poin. Ditambah masing-masing satu poin pada inning ketiga dan empat, serta dua poin pada inning kelima.

Saat inning keempat, Banten sempat mencoba untuk memecahkan telur. Pemain Banten Andrew P Soetyono berhasil melaju ke base pertama, usai memukul bola dengan baik. Namun, barisan pertahanan DKI Jakarta cukup kuat untuk ditembus sehingga gagal melaju ke base selanjutnya.

Pada inning itu DKI juga main menekan. Pemain DKI Jakarta Cherdasa memperlihatkan pukulan tangan kidal yang sangat baik, lalu berhasil menuju ke base pertama.

Pemukul lain dari DKI Jakarta Aditya M Mahmud juga tampil baik. Pukulannya yang apik melambung ke bagian outfield lapangan mampu dimanfaatkan Cherdasa untuk menginjak papan home dan mencetak satu poin.

Baca juga: Tim bisbol DKI Jakarta pimpin klasemen sementara babak penyisihan

Kesuksesan tim pemukul DKI Jakarta menambah perolehan poin diikuti keberhasilan barisan bertahan yang juga mampu mematahkan serangan Banten mencuri poin, sehingga kedudukan sementara DKI Jakarta melawan Banten 7-0 hingga inning kelima.

Pada inning keenam, DKI Jakarta dan Banten bermain imbang. Beberapa pemukul dari kedua tim mencoba mencuri poin, namun berhasil digagalkan oleh kedua barisan pertahanan.

Memasuki inning ketujuh, tim Banten berhasil pecah telur berkat aksi Charis Hamdani yang berhasil memukul bola dengan baik, lalu untuk meluncur ke base pertama. Kemudian, berhasil menginjakkan papan home usai memanfaatkan pukulan beberapa pemain Banten lain.

Skor yang dicetak oleh Charis dan rekannya Ricky Takahashi pada inning sembilan bertahan hingga akhir laga. Sementara DKI Jakarta hanya mampu menambah dua poin pada inning ketujuh.

Kedudukan terakhir DKI Jakarta melawan Banten 9-2 dengan total sembilan inning. Atas kemenangan itu, DKI Jakarta telah mengumpulkan empat kemenangan dalam empat laga, sementara Banten satu kemenangan, dua kekalahan dalam total tiga laga.

Gilberto menambahkan secara psikologis dan mental kedua tim cukup kuat saat mengawali pertandingan. Hal ini membuat dirinya sebagai juru taktik menerapkan beberapa strategi untuk mengantarkan anak asuhnya kembali pada performa terbaik.

"Memang kita dari awal ada sedikit memprediksi atau menimbang permainan tim musuh dulu, sehingga kita melakukan beberapa kali strategi yang coba kita lakukan dan akhirnya anak-anak kembali seperti di game pertama menampilkan top performance pada hari ini," ujarnya.

Pemain DKI Jakarta Nazrey Lazuardi Faldy Akhmad dan Achmad Nouval jadi pemain yang paling banyak menyumbangkan angka dengan torehan masing-masing dua kali menginjak papan home.

Disusul Reagan P Cherdasa, Muflich Wibowo dan M Ikbal masing-masing dengan satu kali menginjak papan home. Sementara poin Banten dicetak oleh Ricky Takahashi dan Charis Hamdani.

Baca juga: Tim bisbol tuan rumah Aceh tak berkutik di hadapan Bali

Baca juga: Bisbol - Banten tekuk Lampung 16-14 pada laga pembuka PON XXI

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024