Jakarta (ANTARA) -
Tim Sumatera Utara meraih medali emas cabang olahraga barongsai nomor naga kecepatan, dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, yang berlangsung di Martial Art Arena, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Rabu.

Tim tersebut berhasil menang tipis dari Jawa Tengah, dengan catatan waktu 43 detik sekaligus mengalahkan tujuh tim dari provinsi lainnya dalam nomor pertandingan tersebut.

Sementara Jawa Tengah berada di peringkat kedua dan membukukan waktu 44 detik, sehingga berhak atas medali perak.

Untuk peringkat ketiga, tim Riau mampu mencatatkan waktu 47 detik dan berhasil merebut medali perunggu.

Baca juga: Barongsai untuk kali pertama masuk sebagai cabor PON
 
Tampil dengan 10 orang untuk masing-masing tim, atlet Sumut beraksi menggunakan baju bercorak hijau hitam untuk melakukan gerakan sprint dan spiral.

Para penggawa tim tampak tampil penuh semangat, saat melakukan gerakan-gerakan tersebut.

Ditambah, sorakan penonton pendukung tuan rumah, semakin menambah kepercayaan diri para atlet untuk mencatatkan waktu tercepat.
 
Selain ketiga tim tersebut, lima tim lainnya yang ikut bertanding adalah Sumatera Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Bali, dan Aceh.
 
Pertandingan seharusnya diikuti oleh sembilan tim, namun tim DI Yogyakarta didiskualifikasi, karena tidak hadir di lokasi pertandingan.
 
Perolehan emas Sumut itu merupakan yang keempat untuk kontingen tersebut, setelah cabang olahraga paramotor melalui nomor Aerosport dan kriket via nomor super sixes putra dan putri.

Baca juga: KONI Sumut apresiasi emas pertama dari Aerosport

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024