Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menjanjikan hadiah rumah bagi atlet yang berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara XXI 2024.

"Untuk atlet yang mendapatkan emas itu akan diberikan rumah," tegas Sugianto Sabran setelah melepas Kontingen PON Kalteng di Palangka Raya, Rabu.

Bonus rumah ini dijanjikan tak hanya untuk yang perorangan namun juga pada cabang olahraga beregu. Pemberian bonus ini diharap menambah gairah dan semangat atlet dalam meraih prestasi.

"Andaikata yang beregu dayung itu ada berapa orang, misalnya ada empat orang maka akan diberikan empat unit rumah," jelasnya.

Sedangkan para atlet peraih medali perak maupun perunggu juga akan disiapkan bonus dari pemerintah provinsi. Hanya saja hal ini akan pihaknya bahas lebih lanjut bersama jajaran.

Selain itu bagi atlet peraih prestasi di ajang PON 2024 ini juga diberikan peluang untuk dapat bekerja di Bank Kalteng ataupun instansi pemerintahan.

Baca juga: Riau sediakan bonus Rp24 miliar pemenang di PON XXI Aceh-Sumut

Lebih lanjut Sugianto menegaskan, keberangkatan Kontingen Kalteng ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan untuk tampil di ajang olahraga bergengsi dan terbesar se-Indonesia yang diadakan empat tahun sekali.

"Menjadi harapan kita bersama, saudara-saudara dapat tampil penuh semangat dan optimal dalam berlomba, dengan segala pengalaman dan profesionalitas yang dimiliki, untuk mengharumkan nama Kalimantan Tengah di ajang PON ini," tuturnya.

Adapun Kontingen PON Kalteng 2024 meliputi 382 orang, terdiri dari 114 orang atlet terbaik dari 21 cabang olahraga, serta lainnya baik pelatih hingga ofisial.

Sugianto mengingatkan kontingen senantiasa menjaga nama baik Kalimantan Tengah, serta selalu menjaga kekompakan, keharmonisan dan kebersamaan.

"Sehingga siap untuk berlomba atau bertanding dengan kondisi yang prima. Bertandinglah secara sportif dengan semangat Isen Mulang Pantang Mundur. Pulang bawa medali, bawa prestasi dan mampu mencapai hasil terbaik yang sama-sama kita harapkan," tutupnya.

Baca juga: Gubernur Sumsel janjikan bonus Rp500 juta untuk peraih medali emas

Baca juga: Pemprov Bali janjikan bonus kepada atlet berprestasi PON XXI

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024