Aceh Besar (ANTARA) - Pedayung Jawa Barat, Roby Kuswandi puas dengan hasil yang diraih di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

Roby yang baru tampil di nomor tunggal kano 1000 m putra menjalankan debut manis dengan menyumbangkan medali emas kedua untuk Jawa Barat di cabang dayung.

"Alhamdulillah saya sangat senang sekali dengan hasil dari kemampuan dan latihan selama ini yang diberikan oleh pelatih telah menghasilkan yang terbaik dengan meraih medali emas," ujar Roby Kuswandi kepada pewarta, Rabu.

Roby mencatatkan waktu tercepat 3 menit dan 35,549 detik. Sedangkan medali perak diamankan oleh pedayung tuan rumah Aceh, Tuah Micho yang finis dengan catatan 3 menit dan 38,391 detik. Lalu disusul Muh. Burhan yang mempersembahkan perunggu untuk Sulawesi Utara usai finis dengan catatan 3 menit dan 38,68 detik.

Baca juga: Indra Hidayat bersyukur mampu pertahankan hasil dari Kualifikasi PON

Robby mengaku cukup sulit di awal untuk melakukan penyesuaian turun di nomor tunggal karena perlu mengontrol konsentrasi dan emosi yang lebih jika dibandingkan dengan tampil di nomor double.

"Ada banyak perbedaan karena pertama juga kan diturunkan tunggal dari asalnya double ya tapi Alhamdulillah cukup memuaskan. Beda tantangannya mungkin ya lebih ke melawan diri sendiri aja sih kalau sendiri itu kan lawannya harus melawan diri sendiri," ujar Roby.

Saat ini masih berlangsung pertandingan babak kualifikasi canoeing nomor tunggal kano dan kayak 500 m. Nantinya babak final akan dijadwalkan berlangsung pada Kamis pagi WIB.

Baca juga: Stevani persembahkan medali emas untuk sang buah hati

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024