Banda Aceh (ANTARA) - Lifter Adelia Prasasti menyumbang medali emas kedua untuk Lampung dari cabang angkat besi Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 setelah menjadi yang terbaik pada kelas 45 kilogram putri di GOR Seramoe, Banda Aceh, Rabu.

Sebelumnya di tempat yang sama, lifter Lampung Muhammad Husni memenangi medali emas di kelas 55 kilogram putra.

Adelia mengungguli para pesaingnya dengan total angkatan 161 kilogram. Pada angkatan snatch, ia memiliki catatan terbaik 70 kilogram, sedangkan pada angkatan clean and jerk, atlet binaan padepokan Gajah Lampung itu memiliki catatan terbaik 91 kilogram.

Medali perak kelas ini menjadi milik lifter Jakarta Lisa Indriyani dengan total angkatan 156 kilogram, sedangkan lifter Jawa Timur Lisa Setiawati berhak membawa pulang medali perunggu dengan total angkatan 146 kilogram.

Adelia yang baru pertama kali mengikuti PON itu sukses pada dua percobaan angkatan snatch. Pada angkatan pertama ia berhasil mengangkat beban 66 kilogram, kemudian gagal mengangkat beban 70 kilogram pada percobaan kedua, tetapi berhasil mengangkat beban yang sama pada percobaan ketiga.

Baca juga: Husni semringah mampu pecahkan berbagai rekor angkat besi di PON

Sedangkan pada angkatan clean and jerk, Adelia juga sukses mengangkat pada dua percobaan, yakni pada angkatan pertama seberat 86 kilogram dan 91 kilogram. Angkatan 91 kilogram menjadi yang terberat yang dapat diangkat pada clean and jerk kelas putri 45 kilogram ini.

Ia sempat mencoba untuk mempertajam catatannya dengan mengangkat beban seberat 97 kilogram pada percobaan ketiga, namun gagal. Meski demikian, posisinya di puncak klasemen tidak tergoyahkan.

Cabang angkat besi kelas 45 kilogram putri total diikuti oleh tujuh atlet. Selain Adelia, Indri, dan Lisa, empat lifter putri lain yang berkompetisi adalah Riska Nur Amanda (Kalimantan Selatan), Tita Nurcahya Melyani (Jawa Barat), Nurfiyanti Ramadini (Aceh), dan Siti Nafisatul Hariroh (Jawa Tengah).

Baca juga: Muhammad Husni menangi medali emas angkat besi kelas 55kg putra

Baca juga: Angkat besi - Mengenal GOR khusus angkat besi Seuramoe Banda Aceh


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024