Medan (ANTARA) - Tim futsal putra Jawa Timur memastikan tempat di semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 usai memetik kemenangan tipis 2-1 atas Sumatera Utara pada laga terakhir penyisihan Grup A di GOR Futsal Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu. 

Gol Sumut dicetak Arya Wirawan pada menit ke-12, sementara gol Jawa Timur dicetak oleh Arya Raja Tri Sentanu pada menit ke-27 dan Achmad Guntur Ramadhan pada menit ke-29.

Dengan kemenangan ini, Jawa Timur berada di posisi pertama klasemen grup dengan mengoleksi sembilan poin dari tiga kali menang dan sekali kalah, sementara Sumut berada di posisi kedua dengan tujuh poin hasil dari dua kali menang, sekali seri, dan sekali kalah.

Pelatih futsal Jawa Timur Ambar Supriyanto mengaku lega karena timnya mampu keluar dari tekanan tim tuan rumah yang bermain dengan semangat tinggi di depan pendukungnya sendiri.

"Syukur alhamdulillah atas tambahan tiga poin. Ini juga memastikan tim kami ke semifinal. Kami sangat mengapresiasi perjuangan anak-anak yang tanpa kenal lelah. Perjuangan mereka sangat luar biasa," katanya.

Pada laga tersebut Jawa Timur sempat tertinggal lebih dahulu, sebelum akhirnya mampu membalikkan keadaan dan menang 2-1. Hal itu, kata dia, tak terlepas dari permainan anak asuhnya yang tak kenal menyerah dan tak meladeni permainan keras tim tuan rumah.

"Kunci kesuksesan kami kali ini adalah bermain sabar dan tidak terpancing permainan keras lawan. Tidak emosi dan mampu mengeluarkan kemampuan terbaik," tambahnya.

Baca juga: Tim futsal putra Jawa Timur buka peluang ke semifinal PON 2024

Pemain Jawa Timur Arya Raja juga mengaku puas dengan hasil tersebut karena pertandingan itu sangat penting untuk menentukan langkah mereka ke babak semifinal.

"Berkat arahan dari tim pelatih kami akhirnya bisa unggul atas Sumatera Utara. Kami tidak akan berhenti sampai disini dan akan terus berjuang hingga nantinya bisa ke final dan membawa pulang medali," katanya.

Sementara asisten pelatih futsal Sumut Aidil Akbar mengatakan anak asuhnya sudah berjuang secara maksimal walau hasil akhir tidak sebagaimana yang diharapkan.

"Kita masih ada harapan lolos ke semifinal. Kita masih menunggu hasil besok, Kamis (5/9) antara NTT melawan Sulawesi Barat. Semoga psikologis anak-anak tetap terjaga karena harapan untuk lolos ke semifinal masih terbuka," katanya.

NTT saat ini mengoleksi empat poin dan Sulawesi Barat nol poin. Harapan NTT untuk ke semifinal terbuka jika besok mampu unggul minimal enam gol atas Sulawesi Barat. Namun jika jumlah gol kurang dari enam, maka Sumatera Utara yang akan melangkah ke semifinal.

Baca juga: Futsal - Tim Putra Kalimantan Timur pastikan tiket semifinal PON 2024
Baca juga: Futsal - Tim Putri Sumut pastikan  tiket semifinal PON 2024


Pewarta: Juraidi
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024