Banda Aceh (ANTARA) - Technical Delegate Panjat Tebing Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 Florenciano Hendricus Mutter memastikan cabang olahraga tersebut 100 persen siap dipertandingkan di kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, 5-20 September.

Florenciano Hendricus Mutter mengatakan pertemuan teknis hari ini berjalan seusai rencana dan tidak ada kendala. Namun dalam pertemuan teknis tersebut, Florenciano mengatakan sempat ada sedikit perbedaan teknis di nomor speed namun sudah dapat diselesaikan secara mufakat.

"Hasil pertemuan teknis ya sesuai rencana tidak ada masalah. Kita menjelaskan memang ada sedikit perbedaan di speed. Tapi akhirnya kita sepakat bahwa untuk speed akan menggunakan cara yang biasa saja," kata Florenciano Hendricus Mutter kepada pewarta, Rabu.

Florenciano menguraikan bahwa semua persiapan berjalan matang dan tidak ada kendala apa pun termasuk terkait dengan infrastruktur penunjang.

"Yang lain tidak ada masalah. Semuanya oke-oke saja. Ya mudah-mudahan nanti semuanya lancar dan faktor cuaca juga mendukung sehingga tidak terhambat," ujar Florenciano.

Pada PON Aceh-Sumut 2024, panjat tebing akan diikuti oleh atlet dari 26 provinsi yang bersaing untuk memperebutkan 16 medali emas. FPTI merilis bahwa 188 atlet yang terdiri dari 103 atlet putra dan 85 atlet putri akan berlaga pada PON yang pertama dilangsungkan di dua provinsi ini.

Sebanyak 16 nomor yang dipertandingkan yakni speed world record perorangan (pa/pi), boulder perorangan (pa/pi), lead perorangan (pa/pi), combined (boulder dan lead) perorangan (pa/pi), speed world record tim, boulder tim, leead tim sementara untuk nomor campuran terdapat combined (boulder dan lead) tim dan speed classic tim.

"Yang disepakati akan format pertandingan berjalan seperti biasa. Tidak berubah. Tadinya kita berubah format pertandingannya. Tapi tadi diprotes dan kita balik seperti biasa," ujar Florenciano.

Baca juga: Panjat tebing kini bersiap untuk PON XXI dan Asian Games 2026
Baca juga: Berbalut logo Bank Aceh, jersey kontingen PON Aceh resmi diluncurkan

Baca juga: Tim hoki indoor putri Sumut menag tipis 1-0 atas NTB

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024