Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman mengatakan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), telah maksimal membangun Stadion Utama Sport Center di Sumatera Utara.
 
Ia membeberkan, stadion yang akan dijadikan tempat upacara penutupan (closing ceremony) PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 pada 20 September mendatang, terus dimaksimalkan pengerjaannya hingga tahap penyelesaian akhir oleh tim konstruksi.
 
"Yang di Sport Center kami lihat yang sedang dikerjakan adalah stadion yang akan digunakan untuk upacara penutupan sudah dikerjakan maksimal," kata Marciano, Kamis.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, tim konstruksi telah menambah pekerjanya dan berupaya optimal untuk bisa menyelesaikan pekerjaan sampai sebelum acara diselenggarakan nanti.
 
"Kami harapkan stadion itu sudah bisa digunakan untuk acara penutupan nanti," ujar purnawirawan jenderal bintang tiga TNI tersebut.
 
Marciano menambahkan, PB PON sebagai penanggung jawab persiapan venue dan Kementerian PUPR yang mengerjakan pembangunan, telah didukung penuh oleh stakeholder lainnya, seperti TNI dan Polri yang ada di Sumatera Utara.
 
Oleh sebab itu, dia optimistis penutupan bisa diselenggarakan di stadion tersebut, karena para pekerja dengan waktu yang tersedia telah bekerja keras menyelesaikan pekerjaannya.
 
Selain infrastruktur utama, fasilitas pendukung seperti jalan di sekitar venue yang digunakan untuk rangkaian kegiatan PON juga maksimal dikerjakan oleh pihak yang bertanggung jawab.
 
Lanskap atau tata ruang di luar gedung, tambah Marciano, juga terus dikerjakan.

Pembukaan PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 diselenggarakan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, pada 9 September mendatang. Sedangkan penutupan, dilakukan di Stadion Utama Sport Center, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada 20 September.

Baca juga: Terus dikebut, progres pembangunan Stadion Utama Sumut capai 94 persen
Baca juga: KONI Pusat minta pembangunan Stadion Utama Sumut dipercepat

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024