Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memerintahkan bawahannya segera membangun pasar darurat untuk menampung para pedagang Pasar Senen yang kiosnya habis terbakar.

"Kita sudah perintahkan untuk segera membangun pasar darurat untuk para pedagang. Langsung. Jangan tunggu lagi. Saya minta agar pasar darurat itu mulai dibuat pada hari Minggu (27/4)," kata Jokowi saat meninjau Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut dia, pasar darurat itu dapat dibangun tidak jauh dari lokasi kebakaran, namun juga bisa di bagian depan atau halaman Pasar Senen Blok III atau di bagian belakang bangunan terbakar.

"Pokoknya pasar darurat itu harus langsung dibangun," tandas Jokowi.

Namun dia meminta renovasi bangunan pasar terbakar itu dilakukan secepatnya, bahkan dimajukan dari jadwal yang telah ditetapkan.

"Jadi, kalau rencana awalnya Blok III itu mau direnovasi pada bulan Juli 2014, berarti dengan adanya musibah kebakaran ini, rencana renovasi harus dimajukan, dipercepat," tutur Jokowi.

Dia mengungkapkan Pasar Senen Blok III telah berdiri sejak 1974, namun sejak saat itu, bangunan tersebut belum pernah direnovasi sama sekali. Inilah yang melatarbelakangi niat Pemerintah Provinsi DKI meremajakannya.

"Rencana renovasi itu memang sudah ada, dan tadinya akan kita lakukan setelah perayaan Lebaran tahun ini. Namun, karena pasar ini sudah terbakar, jadinya rencana renovasi itu harus kita percepat," tambah Jokowi.

Kebakaran melanda Pasar Senen Blok III sejak pukul 04.00 WIB.  46 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkannya.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014