Kami juga menyiapkan layar besar untuk masyarakat yang memang ingin menonton dari luar stadion
Jakarta (ANTARA) -
Panitia ​​​Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI Wilayah Sumatera Utara menyiapkan layar besar atau videotron untuk masyarakat yang ingin menonton pembukaan PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Senin 9 September mendatang.
 
Ketua Bidang Upacara PB PON XXI Wilayah Sumatera Utara, Mahfullah P Daulay, membeberkan videotron lebih dari lima meter itu akan diletak di luar stadion, guna memfasilitasi masyarakat yang ingin menikmati dari luar venue.
 
"Jadi selain memfasilitasi yang tidak kebagian untuk membeli tiket gratis secara daring melalui website pon2024.id, kami juga menyiapkan layar besar untuk masyarakat yang memang ingin menonton dari luar stadion," kata pria yang kerap disapa Ipunk itu di Medan, Jumat.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, masyarakat tidak perlu khawatir, karena tetap bisa menikmati pembukaan secara serentak, seperti yang dilakukan di Aceh.

Baca juga: Aceh sediakan ribuan undangan pembukaan PON gratis untuk masyarakat
 
Ipunk menambahkan, masyarakat yang telah memiliki tiket daring, diimbau untuk menukarkan tiket pada hari H atau 9 September pagi atau siang, sebab acara secara off air dimulai pada pukul 15.00 WIB.
 
"Untuk mengantisipasi tiket yang sudah dibeli secara daring tetapi masyarakat tidak jadi datang dan berpotensi membuat venue kosong, kami juga memberikan undangan kepada para tokoh dan pemerintah Kabupaten Deli Serdang untuk meramaikan," ujar pria yang juga Kasatpol PP Provinsi Sumatera Utara tersebut.
 
Opening ceremony di Sumut akan mengikuti jadwal yang ada di Aceh, sehingga secara on air akan dimulai pada 20.30 WIB. Sedangkan pintu Stadion Baharuddin Siregar akan ditutup pada pukul 19.00 WIB.
 
Ipunk mengungkapkan, untuk acara off air akan diisi dengan hiburan oleh grup musik J-Rocks, lucky draw, dan permainan yang berhadiah menarik untuk penonton.
 
Selain itu, parade defile kontingen juga menyemarakkan pesta olahraga nasional itu.

Baca juga: Panitia: Pembukaan PON XXI di Sumut sama meriah dan sebanding Aceh
 
Sementara pada saat on air, semua agenda acara akan mengikuti kegiatan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh dan penonton diarahkan untuk menonton videotron yang ada di dalam dan luar stadion.
 
Kapasitas stadion warga Deli Serdang itu dipersiapkan oleh panitia sebanyak 5.080 kursi untuk masyarakat, pejabat, dan tamu undangan.
 
Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan acara, tambah Ipunk, panitia juga telah berkoordinasi dengan Polda, Polres, TNI, dan pihak terkait untuk membantu crowd management di lokasi.
 
PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 bertema "Bersatu Kita Juara!".
 
Penyelenggaraan multi event olahraga nasional itu melibatkan lebih dari 15 ribu atlet dan ofisial, yang tersebar di 10 kabupaten/kota masing-masing provinsi.

Baca juga: Panitia: Pengibaran bendera kontingen sehari sebelum pembukaan PON XXI
Baca juga: Pembukaan PON Aceh-Sumut tampilkan kesenian dan sejarah pahlawan

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024