Medan (ANTARA) -
Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 Wilayah Sumut, Heru Suryono, mengajak semua pihak untuk aktif menyebarkan citra positif penyelenggaraan multi event olahraga nasional tersebut.
 
Ia membeberkan, penyelenggaraan event itu bukan hanya untuk mengembangkan olahraga nasional, tetapi juga berdampak secara ekonomi bagi daerah yang menjadi tuan rumah.
 
"Jadi kami mengharapkan, tolong diangkat hal yang positif dari daerah tuan rumah, kalau ada kekurangan kecil ya tidak perlu diungkapkan," kata Heru di Medan, Jumat.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, momentum pelaksanaan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi pemerintah daerah, pelaku usaha atau UMKM, dan seluruh masyarakat, sehingga ke depan citranya akan semakin positif, guna menyambut pendatang.
 
"Jadi tempat-tempat bagus, kuliner, UMKM, itu semua disampaikan, ya salah satunya melalui media," ujar jenderal bintang dua TNI purnawirawan tersebut.

Baca juga: PON momentum perkenalkan wisata Sumut lebih mendalam
 
Heru menambahkan, potensi daerah dari Sumatera Utara sangat beragam, seperti pariwisata yang ada di kawasan Danau Toba, khususnya Pulau Samosir.
 
Oleh sebab itu, penyelenggaraan tahun ini harus mampu menciptakan kesan positif yang mendalam bagi atlet, ofisial, dan wisatawan yang datang, sehingga membantu menumbuhkan perekonomian dari sisi pariwisata ke depan.
 
Selain itu, dia juga mengajak masyarakat di 10 kabupaten/kota di Sumatera Utara untuk aktif melayani dan menunjukkan keramahtamahan kepada siapapun pendatang yang datang.
 
Pertandingan cabang olahraga yang digelar juga harus diramaikan, guna menyemarakkan suasana.

Baca juga: KONI: PON XXI Aceh-Sumut 2024 dibuka dan ditutup Presiden Jokowi
 
Pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, upacara pembukaan dilaksanakan di Provinsi Aceh, yakni di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada 9 September dan direncanakan dihadiri oleh Presiden Jokowi.
 
Sedangkan Sumatera Utara akan menjadi tempat untuk penutupan acara yang diselenggarakan di Stadion Utama Sport Center, Kabupaten Deli Serdang, pada 20 September.
 
PON XXI menjadi edisi terbesar dalam sejarah, karena melibatkan hampir 13 ribu atlet dan 6 ribu lebih ofisial.
 
Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

Baca juga: Presiden perintahkan promosi wisata sekitar Aceh-Sumut jelang PON 2024
Baca juga: PB PON XXI Wilayah Sumut siapkan layar besar untuk tonton pembukaan

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024