Banda Aceh (ANTARA) - Aceh kerap dijuluki Negeri Seribu Kedai Kopi karena di daerah yang menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional 2024 ini banyak berdiri kedai-kedai kopi yang siap memanjakan para wisatawan terutama para penikmat kopi dengan kopi lokal berkualitas.

Dalam momen penyelenggaraan PON Aceh-Sumut 2024 ini, barangkali tak afdol rasanya jika tak berpelesir menikmati sajian secangkir kopi di kedai sebelum mengawali aktivitas menonton pertandingan-pertandingan olahraga ajang nasional terbesar tersebut.

Salah satu tempat ngopi yang menjadi primadona bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing adalah Kedai Solong.
 
Tak ayal dengan berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024, Kedai Solong pun memperoleh berkah dengan kedatangan pengunjung yang kian hari kian mengalami peningkatan.
 
Pemilik Kedai Solong, Haji Nawawi atau yang lebih akrab disapa Haji Solong mengatakan bahwa setiap hari Kedai Solong mampu menjual rata-rata 700 cangkir kopi per hari. Dengan berlangsungnya PON 2024, Haji Solong mengatakan bahwa kedai kopi yang berdiri sejak 1974 ini mulai mengalami peningkatan dan sudah ada beberapa tim ofisial yang singgah mencicipi kopi yang masih diolah dengan cara tradisional ini.
 
"Kalau sudah ada acara ini (PON 2024) tentu ada peningkatan ya, itu udah jelas semua...kalau ini belum seberapa banyak, mungkin setelah pembukaan nanti ya karena yang datang baru panitia-panitia, kalau atlet belum kan (masih di karantina," kata Haji Solong.


Baca juga: Kapolresta ungkap kopi kerap dijadikan modus narkoba dari Aceh

Halaman berikut: Bercengkrama di Kedai Solong

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024