Aceh Timur (ANTARA) - Kontingen sepak takraw Aceh memupuk peluang melangkah ke babak berikutnya di nomor double event putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 seusai mengalahkan Sumatera Utara (Sumut) dengan skor 2-0 (15-9, 15-5) di Gedung Idi Sport Center, Aceh Timur, Sabtu.

Megawati dkk tampil prima di bawah dukungan warga Aceh Timur yang memadati tribun gedung olahraga tersebut.

Pelatih kepala sepak takraw Aceh, Muhammad Sulaiman, mengapresiasi perjuangan anak-anak asuhnya, yang praktis membuat peluang tuan rumah melaju ke babak berikutnya.

"Alhamdulillah, di pertandingan pertama nomor double event putri kami dapat meraih kemenangan dengan skor 2-0. Dan ini tentu bukan dengan permainan yang mudah, apalagi lawan merupakan tim kuat," katanya selepas pertandingan.

Sulaiman menekankan kepada Megawati dkk untuk tidak mudah tertekan dan bermain lepas seperti pertandingan pertama. Terlebih Aceh menargetkan medali emas untuk double event putri sepak takraw.

"Untuk lawan yang dihadapi, kami tunggu hasil pertandingan lainnya. Sedangkan target kami di nomor double event putri ini adalah medali emas. Kami berharap dukungan masyarakat Aceh, khusus Aceh Timur, agar target tersebut dapat terpenuhi," ujarnya.

Baca juga: Sepak takraw PON XXI perebutkan 10 medali emas

Peluang untuk melaju juga diraih kontingen double event putri Jambi yang mengalahkan Banten dengan skor 2-0 (15-13, 15-12).

"Ini pertandingan yang berat, level lawan kami adalah atlet pelatnas. Namun, anak-anak mampu bermain lepas dan tidak lengah, sehingga kemenangan dua set langsung dapat diraih," kata Amrial, pelatih sepak takraw Jambi.

Amrial mengaku sudah mempelajari kelemahan dan kekuatan lawan. Selain itu, para pemain juga mampu menerapkan instruksi di lapangan, sehingga berhasil mengungguli perolehan poin dalam dua set.

"Kami juga mengingatkan pemain bermain lepas dan tidak lengah. Dan yang terpenting tidak gugup, apalagi lawan berikutnya tentu lebih kuat. Target kami ke Aceh, memperbaiki prestasi di PON Papua, di mana untuk nomor ini meraih perunggu," kata Amrial.

Sementara itu, di pertandingan lainnya nomor double event putra, tim Banten berhasil mengalahkan Papua Barat dengan skor 2-1. Banten sempat unggul telak 15-4 di babak pertama, tetapi kalah di babak kedua 8-15.

"Akan tetapi, anak-anak mampu membalikkan keadaan di babak ketiga dengan poin 15-11. Anak-anak sempat kaget di set kedua, tetapi di set kedua anak-anak mampu menguasai permainan," kata Muchlis Ali, pelatih sepak takraw putra Banten.

Baca juga: Aceh siagakan 8.500 petugas keamanan selama PON XXI
Baca juga: Hoki putra Jawa Barat melenggang ke final usai kalahkan Papua 7-1

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024