Aceh Timur (ANTARA) - Cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh Sumut 2024 Wilayah Aceh menuntaskan sebanyak 24 pertandingan di hari pertama yang dipusatkan di Gedung Idi Sport Center, Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur.

Koordinator Humas Cabang Olahraga Sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut 2024 Wilayah Aceh Ilyas di Aceh Timur, Sabtu, mengatakan sebanyak 24 pertandingan tersebut merupakan babak penyisihan grup untuk nomor double event atau permainan dengan dua atlet di lapangan, baik putra maupun putri.

"Untuk harinya, ada 24 pertandingan cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut. Pertandingan semuanya untuk nomor double event, baik putra dan putri. Pertandingan cabang olahraga sepak takraw dimulai 7 hingga 19 September 2024," kata Ilyas menyebutkan.

Sedangkan pertandingan pada hari kedua, yakni Minggu (8/9), merupakan babak gugur atau perempat final serta semifinal, dan final nomor double event putri putri

"Jadi besok, Minggu (8/9) sudah ada perebutan medali. Setelah nomor double event, pertandingan cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut dilanjutkan nomor beregu dan quadrant," katanya.

Baca juga: Kalahkan Sumut, Aceh pupuk peluang double event putri sepak takraw

Ilyas menyebutkan seluruh rangkaian pertandingan cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut di Gedung Idi Sport Center berlangsung lancar. Pengunjung yang hadir juga tertib termasuk masyarakat Kabupaten Aceh Timur yang mendukung atlet sepak takraw Aceh.

"Kami juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada panitia pendukung dari Pemerintah Kabupaten Aceh Timur yang telah memberi respons cepat terkait persoalan dan kendala di arena cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut di Gedung Idi Sport Center," kata Ilyas.

Sebelumnya, Technical Delegate Cabang Olahraga Sepak Takraw PON XXI Aceh-Sumut Aziz Abdul Hakim menyatakan ada 10 medali emas diperebutkan dari cabang olahraga tersebut

"Untuk cabang olahraga sepak takraw, ada 10 medali emas, lima dari putra dan lima dari putri. Cabang olahraga sepak takraw PON XXI mulai dipertandingkan 7 hingga 19 September 2024," kata Aziz Abdul Hakim.

Sedangkan nomor cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut yang dipertandingkan, baik putra maupun putri, yakni tim beregu, beregu, tim ganda, ganda atau double, serta kuadran.

Cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut mengikutsertakan sebanyak 192 atlet dari 26 provinsi. Jumlah atlet tersebut belum termasuk dari tuan rumah Provinsi Aceh yang mengikuti semua nomor cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut.

"Lapangan sepak takraw di Gedung Idi Sport Center, Kabupaten Aceh Timur dibangun memenuhi standar untuk pertandingan internasional," kata Aziz Abdul Hakim.

Baca juga: Sepak takraw PON XXI perebutkan 10 medali emas
Baca juga: Kepri bidik medali sepak takraw PON nomor quadrant-regu putra

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024