Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 107 atlet bakal berebut sebanyak 19 medali emas dari 19 nomor pertandingan putra dan putri cabang olahraga selam kolam atau finswimming pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Technical Delegate (TD) cabang olahraga selam kolam Rekha Ratri Julianti di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan, pertandingan selam kolam akan berlangsung mulai 11-13 September 2024 di Kolam Renang Tirta Raya, Banda Aceh.

"Peserta 107 orang untuk nomor finswimming atau selama kolam. Diikuti 21 provinsi, dengan 19 nomor perlombaan, berarti 19 keping medali emas," ujarnya.

Adapun nomor pertandingan selam kolam di antaranya untuk putra meliputi 50 meter bifin, 100 meter bifin, 200 meter bifin, 400 meter bifin, 4x100 meter bifin. Selanjutnya 50 meter surface, 100 meter surface, 200 meter surface dan 50 meter apnea.

Baca juga: Sumatera Utara bidik dua emas dari selam

Kemudian untuk putri terdapat 50 meter bifin, 100 meter bifin, 200 meter bifin, 4x100 meter bifin, serta 50 meter surface, 100 meter surface, 200 meter surface, 400 surface, 800 surface dan 50 meter apnea.

Menurut Rekha, panitia akan memberikan jadwal latihan resmi kepada masing-masing kontingen untuk melakukan uji coba arena pada 9-10 September mendatang.

"Jadi tanggal 11 September kita sudah mulai babak penyisihan. Yang (nomor pertandingan) pesertanya kurang dari delapan orang, itu langsung final di sore hari," kata Rekha.

Untuk persiapan, lanjut Rekha, sampai saat ini masih masih terus berjalan, terutama renovasi arena (venue) kolam renang standar nasional yang sudah pada tahapan finalisasi.

Baca juga: Papua bidik emas PON 2024 dari cabang selam

Sekaligus, kata dia, melakukan standarisasi kolam renang agar catatan waktu yang tercetak dari tiap atlet saat berlomba pada ajang PON XXI dapat diakui di tingkat nasional.

"Saat ini persiapan kolam renang utama yang menjadi prioritas untuk perlombaan sudah mencapai 93 persen. Kami juga tinggal menunggu kelengkapan aksesoris kolam renang seperti tali lintasan dan lain-lain," ujarnya.

Rekha menambahkan tim kepanitiaan baik panitia lokal maupun pengurus besar dari berbagai daerah
terus bekerja di sekretariat Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) di Banda Aceh untuk menyiapkan segala kebutuhan cabor selam pada PON XXI.

"Panitia dan tenaga pendukung baik dari pusat dan lokal juga sudah mulai bergerak untuk melakukan koordinasi kepada pihak terkait dan memastikan semua komponen perlombaan siap tepat waktu," ujarnya.

Baca juga: Sabang siap pertandingkan tiga cabang olahraga dalam PON 2024

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024