Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) wilayah Sumatera Utara (Sumut) menyediakan 20 media center atau pusat media peliputan PON XXI 2024 di wilayah Sumut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumut sekaligus Ketua Bidang Humas, Publikasi, Informasi, dan Teknologi PB PON wilayah Sumut Ilyas Sitorus mengatakan pusat media PON XXI wilayah Sumut dilengkapi dengan berbagai fasilitas guna menunjang kinerja jurnalis yang meliput perhelatan empat tahunan tersebut.

"Kami siapkan alat kerja, wifi, meja kerja, hingga konsumsi di 20 media center ini," ujar Ilyas saat dihubungi di Medan, Sumatera Utara, Sabtu.

Sebanyak 20 pusat media dimaksud berada di Media Gedung Serbaguna Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Disporasu), Kolam Renang Selayang, Gedung Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed), Lapangan Cerdas Lubuk Pakam, Stadion Madya Atletik Sumut, Sport Center Desa Sena Kualanamu, serta Tahura Bukit Barisan.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan bandwidth memadai di pusat media PON XXI

Kemudian, berada pada Gedung Boling Disporasu, GOR Veteran Disporasu, Pardede Hall, Danau Toba-Balige, Danau Toba-Parapat, GOR Angsapura, GOR Pematang Siantar, Pantai Situngkir-Samosir, Jerycho Stable-Serdang Bedagai, Royal Sumatra, Medan International Convention Center, Lapangan Persatuan Gate Ball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Sumut, GOR Binjai, dan GOR Langkat.

Terkait akomodasi bagi para jurnalis, Ilyas mengungkapkan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak perhubungan PON XXI Aceh-Sumut untuk menyiapkan sebanyak 12 bus dengan kapasitas 20 orang pada setiap bus guna memudahkan para jurnalis dalam meliput acara.

Dia menuturkan dalam kegiatan peliputan pra-PON sebelumnya, terdapat sekitar 20 jurnalis, khususnya dari wilayah Medan dan sekitarnya, yang setiap hari ditugaskan untuk meliput persiapan PON XXI Aceh-Sumut.

Baca juga: PB PON Sumut matangkan persiapan media center PON XXI-2024

PON XXI 2024 di wilayah Sumut meliputi 34 cabang olahraga yang akan diselenggarakan di 38 lokasi, dengan sebaran pada 10 kabupaten/kota.

“Sebanyak 10 kabupaten/kota tersebut, yakni Medan, Deli Serdang, Karo, Binjai, Langkat, Serdang Bedagai, Pematang Siantar, Simalungun, Toba, dan Samosir,” ucap dia.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September 2024, namun sejumlah pertandingan sudah digelar sejak akhir Agustus 2024. Sebanyak 65 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

Pembukaan PON XXI 2024 akan berlangsung pada Senin, 9 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal membuka langsung perhelatan nasional empat tahun sekali itu.

Adapun PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13 ribu atlet dan 6 ribu lebih ofisial. Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

Baca juga: Harmonisasi "media center" PON XXI digelar efektifkan komunikasi
Baca juga: Kemenkominfo siapkan ragam fasilitas di pusat media PON XXI

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024