Banda Aceh (ANTARA) - Tim basket 5x5 putra Jakarta menyudahi perlawanan Jawa Timur dengan skor 86-59 pada pertandingan keempat pul A Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu.

Kemenangan ini memastikan langkah Jakarta untuk melaju ke babak semifinal dengan status juara pul A dengan koleksi tujuh poin. Sedangkan satu tiket terakhir semifinal diamankan oleh Jawa Timur yang mengamankan enam poin.

Oktara Raihan Azuri Andhiky menjadi pendulang poin terbanyak dari Jakarta usai mengamankan total 18 poin. Selain dari performa Oktara, sumbangan poin Jakarta diperoleh melalui performa Ralph Christophorus yang menyumbang 14 poin.

Bermain di kuarter pertama, Jakarta langsung mencoba menguasai tempo dan memainkan pola serangan di area dalam Jawa Timur. Jakarta mampu mengakhiri kuarter pertama dengan skor 19-12.

Memasuki kuarter kedua, Jakarta tak kehilangan tempo permainan meski kerap kecolongan poin dari Jawa Timur yang mampu memanfaatkan tembakan tiga angka.

Baca juga: Jawa Timur pastikan lolos semifinal basket setelah tekuk Sulsel

Sementara itu Jawa Timur mencoba keluar dari tekanan namun kerap menemui jalan buntu untuk menembus rapatnya barisan fase bertahan Jakarta. Jakarta mampu menjaga keunggulan sembilan poin untuk menutup babak pertama, 42-30.

Di kuarter ketiga permainan Jawa Timur lebih terbuka dan meladeni gaya permainan Jakarta yang menyerang melalui sisi dalam. Jatim mampu mencatatkan dua kali tembakan tiga poin berturut-turut untuk memperkecil kedudukan 56-59.

Pada kuarter keempat, Jakarta bermain lebih bertahan dan mencoba untuk memperkecil ruang tembak tiga angka dari Jatim. Beberapa kesalahan pelanggaran dari pemain Jatim mampu dimaksimalkan oleh Jakarta melalui lemparan bebas. Jakarta akhirnya mengamankan kemenangan dengan skor 86-59.

Selanjutnya di babak semifinal, Jakarta akan bersua Jawa Barat pada pukul 11.00 WIB, Sabtu. Sedangkan Jawa Timur bakal menantang Sulawesi Utara pada pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Basket - Sulut targetkan medali emas di PON Aceh-Sumut 2024
Baca juga: Basket - Ratusan penonton tak bisa nonton langsung Jakarta vs Jatim

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024