Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan memusatkan perayaan Hari Buruh Internasional 2014 di kompleks perkantoran pemerintah setempat, Kamis (1/5).

"Kegiatannya akan dipusatkan di lapangan upacara dengan membuat panggung hiburan, penyampaian orasi, dan lainnya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bekasi, Abdul Iman di Bekasi, Senin.

Menurut dia, ribuan buruh dari dua serikat pekerja dipastikan akan mengisi kegiatan tersebut, yakni Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (FSBDSI) dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

Kegiatan tersebut juga akan diisi dengan agenda shalat Istigosah dan syukuran bersama yang juga melibatkan sejumlah unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) setempat.

Dikatakan Iman, izin terkait kegiatan itu bersifat perayaan sehingga memungkinkan massa memasuki area Kompleks Pemkot Bekasi.

"Jadi, konsepnya adalah memperingati dan merayakan Hari Buruh, bukan berdemonstrasi ke jalan-jalan," katanya.

Iman memastikan, kegiatan yang digagas para buruh itu telah mendapat persetujuan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi sepanjang kegiatannya bukan berdemonstrasi.

Namun demikian, pihaknya tetap menjalin koordinasi keamanan bersama pihak kepolisian setempat demi berjalannya acara secara kondusif.

"Kami juga akan mengundang Kapolresta Bekasi Kota Kombes Pol Priyo Widiyanto untuk hadir di lokasi," katanya. (AFR/E001)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014