Banda Aceh (ANTARA) - Tim basket putri 5x5 Jakarta melangkah ke babak final Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 usai membungkam Jawa Barat dengan skor 66-58 pada babak semifinal yang berlangsung di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu.

Duo maut dari Jakarta yakni Jesslyn Angelique Aritonang dan Ratu Sabrina Amaury Poedjakesuma tak mampu dibendung oleh Jawa Barat. Jesslyn total menyumbangkan 15 poin sedangkan Ratu total mempersembahkan 14 poin.

Pada awal kuarter pertama, Jawa Barat kerap membuang sejumlah peluang melalui pergerakan lay up. Jakarta yang bermain lebih tenang dan mengikuti tempo permainan Jawa Barat justru mampu mencuri poin demi poin melalui skema serangan cepat. Memasuki masa akhir kuarter pertama tim asuhan Parna Abrizal tersebut mampu unggul 17-11.

Memasuki kuarter kedua, Jesslyn dan kawan-kawan memanfaatkan sejumlah lemparan bebas hasil dari pelanggaran pemain Jawa Barat untuk membawa Jakarta unggul delapan poin, 24-16.

Jawa Barat tampak kesulitan membongkar celah Jakarta yang bermain lebih rapat. Sejumlah percobaan tembakan tiga angka masih belum mampu membawa Jawa Barat memperkecil kedudukan, skor 33-26 untuk keunggulan Jakarta bertahan hingga jeda babak pertama.

Di kuarter ketiga, Jawa Barat mencoba bermain lebih menekan dengan memanfaatkan serangan-serangan dari tembakan dua poin. Jakarta mulai kehilangan kendali dan intensitas permainan kian sengit saat Kartika Hatta Mahanani melesatkan dua poin melalui lay up untuk membawa Jawa Barat memperkecil kedudukan menjadi 47-48 di pertengahan kuarter ketiga.

Baca juga: Tim basket 5X5 putri Jawa Barat targetkan medali emas

Parna Abrizal langsung melakukan time out dan mengubah strategi untuk meredam serangan Jawa Barat. Hasilnya Jakarta mampu memperlebar skor menjadi selisih empat angka di penutup kuarter ketiga dengan 51-47.

Bermain di kuarter keempat, kedua tim saling jual beli serangan. Jawa Barat bermain ngotot dan habis-habisan untuk membongkar pertahanan Jakarta. Memasuki masa interval kuarter keempat, Jakarta unggul tujuh poin, 57-50.

Tembakan tiga poin dari Maxime Marina Sutisna seakan membuyarkan asa Jawa Barat untuk melangkah ke final usai tertinggal 52-60. Di sisa waktu, Jakarta tampil lebih tenang dan mampu mempertahankan keunggulan untuk mengunci kemenangan menjadi 66-58.

Dengan satu tiket ke final, Jakarta masih menunggu calon lawan antara Jawa Timur atau Jawa Tengah yang masih akan melangsungkan pertandingan pada pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Basket - Tim putra Jakarta sudahi perlawanan Jatim 86-59
​​​​​​​
Baca juga: Basket - Tim putri Jabar sapu bersih kemenangan usai bungkam Jateng

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024