Medan (ANTARA) - Cabang olahraga binaraga akan memulai pertandingan di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 pada 10-11 September dengan memperebutkan 11 medali.

"Binaraga akan digelar di Hotel Four Point pada 10-11 September dan tahapan rangkaian menuju pelaksanaan itu sudah kami lakukan," ujar Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Irwan Alwi di Medan, Minggu.

Irwan mengatakan cabang olahraga binaraga mempertandingkan dua kategori yakni fitnes dan binaraga. Kategori fitnes akan berlangsung pada Selasa (10/9) dengan memperebutkan tiga medali. Sementara kategori binaraga akan berlangsung pada Rabu (11/9) dengan memperebutkan delapan medali.

"Alhamdulillah semua peserta PON yang melalui tabulasi babak kualifikasi semua hadir, kecuali ada satu provinsi yang kami berikan wild card yaitu daerah otonomi baru Papua Selatan yang tidak mengirimkan atlet," katanya.

Meski perlombaan akan berlangsung dua hari lagi, panitia pertandingan terus melakukan persiapan. Pada Minggu, seluruh perwakilan daerah wajib mengikuti technical meeting serta dilakukan penimbangan berat badan atlet.

Ia meminta seluruh atlet binaraga untuk menunjukkan penampilan terbaiknya karena selain membawa nama daerah, mereka yang juara pun akan dilibatkan dalam berbagai kejuaraan internasional.

Baca juga: PBFI Jakarta lakukan cek tubuh atlet binaraga jelang tampil di PON

"Akan diikutsertakan ke ajang internasional. Kita kan punya SEA Games, ASEAN Games. Kebetulan cabang binaraga ini juga, kan, sudah berkali-kali ikut menyelamatkan muka Indonesia di internasional itu," kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PP PBFI Herri Zulkarnain mengatakan cabang olahraga binaraga pada PON Aceh-Sumut  diikuti 74 atlet. Ia menyebut seluruh kekuatan atlet hampir merata di tiap-tiap provinsi.

Ia juga meminta seluruh atlet dan ofisial berlaku sportif dan paling penting terbebas dari jerat obat terlarang (doping).

"Kita melihat semua atlet kuat karena mereka sudah persiapan yang cukup lama di masing-masing provinsi jadi tidak ada yang lemah. Tapi semuanya ini nantinya akan terlihat pada 10 dan 11 September," kata dia.

Baca juga: PBFI Sumut bertekad ukir sejarah di PON 2024
Baca juga: Semua atlet binaraga PON Aceh-Sumut diwajibkan miliki sertifikat ADEL

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024