Deli Serdang (ANTARA) -
Tim drum band Sumatera Utara (Sumut) meraih medali emas nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 setelah mengungguli tujuh tim lainnya dengan 917,56 poin.
 
Pelatih drum band Sumatera Utara Novi Hardianto menyampaikan medali emas itu menjadi pemacu bagi timnya untuk mengoptimalkan upaya merebut emas di beragam nomor pertandingan lainnya.
 
"Insyaallah kita semaksimal mungkin untuk ke depannya di 12 nomor lagi kita harus benar-benar maksimal," ujar Novi kepada wartawan usai menghadiri penyerahan medali di Stadion Madya Atletik, Kawasan Sumut Sport Center, Desa Sena, Batangkuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu.
 
Kemenangan tersebut, kata Novi, hadir berkat persiapan yang dilakukan tim drum band Sumut selama satu tahun tujuh bulan. Lalu, ada pula pemusatan latihan dilakukan selama kurang lebih enam bulan.
 
"Kalau kita dari Sumatera Utara, kita persiapan sudah satu tahun tujuh bulan. Kemudian untuk pemusatan latihan, kita kurang lebih ada enam bulan," ucapnya.
 
Sementara itu di peringkat kedua, medali perak dimenangi oleh DI Yogyakarta dengan perolehan 911,68 poin. Terakhir di posisi ketiga atau medali perunggu menjadi hak Jawa Tengah yang mengemas 905,93 poin.
 
Baca juga: PB PDBI: Drum band itu perpaduan harmonis olahraga dan seni

Ketua Umum PB PDBI Marsma TNI Ronny Irianto Moningka menyampaikan sebanyak delapan provinsi akan memperebutkan 17 medali emas dari cabang olahraga (cabor) drumband di PON 2024. Delapan provinsi itu meliputi Aceh, Sumatera Utara, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Tengah.
 
Sementara 17 nomor pertandingan yang diselenggarakan di antaranya, Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter putri, LBJP 400 meter putra, LBJP 800 meter campuran putra-putri, Lomba Unjuk Gelar (LUG), dan Lomba Baris Berbaris dan Lomba Unjuk Gelad (LBB-LUG).
 
Beragam nomor pertandingan itu digelar di sejumlah lokasi di Sumatera Utara, seperti Stadion Madya Atletik, GOR Futsal Disporasu, dan Jalan Sultan Serdang Kualanamu.

Baca juga: PON 2024 diharapkan bikin cabang olahraga drum band semakin maju

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024