Banda Aceh (ANTARA) - Tim bola basket 5x5 putra Jawa Timur bakal menantang Jakarta di partai final Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 seusai menekuk Sulawesi Utara 68-54 dalam laga semifinal di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu.
 
Penampilan impresif Daniel Salamena menjadi kunci keberhasilan Jawa Timur membungkam Sulawesi Utara lewat torehan 18 poin dari mantan pemain Bima Perkasa Jogja tersebut. Bobby Geraldo Alanda dan Daffa Dhoifulla masing-masing turut menyumbangkan 13 dan 12 poin.

Baik Jawa Timur maupun Sulawesi Utara menampilkan permainan agresif dan terbuka pada kuarter pertama. Interval pertama Jatim unggul dua poin atas Sulut, 8-6.

Memasuki masa waktu interval kedua, Jatim menguasai tempo permainan dan kerap mematahkan Sulut. Tim asuhan Aries Herman ini mampu menggandakan keunggulan untuk menutup kuarter pertama dengan skor 19-11.
 
Memasuki kuarter kedua para pemain Jatim tampil lebih rileks dan kerap melakukan skema permainan yang jauh lebih efisien jika dibandingkan oleh Sulut. Lemparan tiga poin dari Bobby Alanda membawa Jatim kian menekan Sulut untuk menutup kuarter kedua dengan keunggulan 32-24.
 
Seusai jeda paruh pertama, Sulut mencoba bermain lebih agresif dan menghentikan pergerakan pemain-pemain Jatim untuk mencetak poin melalui lay-up. Tim asuhan Roland Lengkong tersebut mampu memperkecil ketertinggalan ketika memasuki masa interval menjadi 35-39. Dalam kondisi yang kian terkejar, Aries Herman mengubah skema permainan dan mampu memukul balik Sulut dan menjaga jarak keunggulan delapan poin saat menutup kuarter ketiga dengan skor 49-41.
 
Pada kuarter keempat, Jatim mencoba meladeni permainan terbuka dari Sulut yang kerap melancarkan serangan dari tembakan dua poin. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan pemain Jatim menyebabkan Sulut mampu memperkecil kedudukan menjadi 52-57 pada masa interval. Namun Jatim menunjukkan dominasi seusai masa interval dengan tak memberikan celah kepada Sulut untuk berkreasi, Daniel Salamena dan kawan-kawan akhirnya mampu mendulang kemenangan 68-54.
 
Di babak final nantinya Jatim mengusung misi balas dendam untuk mengatasi Jakarta usai pada pertandingan di fase grup ditumbangkan. Pertandingan final antara Jatim menghadapi Jakarta akan berlangsung di GOR Harapan Bangsa, Selasa.

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024