Banda Aceh (ANTARA) - Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyatakan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 bukan hanya sebagai sarana meraih prestasi tapi juga untuk memperkuat silaturrahmi atlet dari seluruh Tanah Air.

"Lewat perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024 mari kita jadikan sarana mengharumkan nama daerah dengan prestasi terbaik dan menjadi kebanggaan nasional dan juga sebagai sarana merajut tali silaturahmi," kata Muhammad Iswanto di Kecamatan Suka Makmur, Minggu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela membuka pertandingan paralayang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Venue Paralayang di Gampong/desa Lamtanjong, Kecamatan Suka Makmur.

Ia menjelaskan lewat event olahraga tingkat nasional yang diselenggarakan di Aceh Besar khususnya dan Aceh umumnya seluruh atlet dapat meraih prestasi setinggi-tingginya dengan selalu mengedepankan fair play dan semangat sportifitas yang tinggi.

Dalam kesempatan tersebut ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan seluruh masyarakat di kabupaten itu akan memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh atlet dan tamu yang datang ke daerah itu umumnya dan khususnya cabang olahraga paralayang.

"Penyambutan tamu dengan baik merupakan bagian dari adat masyarakat Aceh yakni pemulia Jame adat geutanyoe (memuliakan tamu merupakan adat), karena itu sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk memuliakan, menghormati dan menghargai para tamu yang datang ke Tanah Aceh," katanya.

Muhammad Iswanto juga meminta kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Suka Makmur untuk mendukung seluruh kegiatan dan membantu atlet dalam berinteraksi sosial bersama warga di Gampong Lamtanjong, sehingga tidak memiliki kendala selama pertandingan.

"Kami berharap kepada semua atlet dan official, apabila ada hal-hal yang menjadi kendala, tolong konfirmasi segera kepada kami Forkopimda Aceh Besar dan Insya Allah akan segera ditindaklanjuti,” katanya.

Ketua Harian Pengurus Besar Federasi Aero Sport Indonesia (PBFASI) Marsekal Muda Andi Wijaya mengatakan event PON merupakan momen yang sangat dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia, khususnya atlet dan pencinta olahraga.

“Ajang ini bukan sekedar kompetisi, tetapi merupakan simbol dan semangat juang serta sportifitas dan dedikasi yang telah ditanamkan selama bertahun-tahun,” katanya.

Pihaknya mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan PON XXI Aceh-Sumut 2024, mulai dari persiapan Venue, sarana prasarana, hingga pelatihan yang intensif yang dilakukan oleh para atlet.

Ia berpesan kepada seluruh atlet dapat menjadikan PON XXI Aceh-Sumut momen yang tepat menunjukkan hasil dari segala usaha dan latihan yang telah dijalankan selama ini.

Baca juga: Pejabat Kemendagri tinjau venue PON di Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024