Deli Serdang (ANTARA) -
Tim drum band Jawa Timur (Jatim) menyumbang satu emas dari nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 Meter Putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 dengan perolehan poin 926,93.

Pelatih Drum Band Jawa Timur Andi Hasan mengaku sangat bahagia atas perolehan medali emas yang memang ditargetkan oleh Jawa Timur itu.

“Sangat senang sekali, apa yang kami targetkan bisa kami dapatkan,” kata Andi usai acara penyerahan medali di Stadion Madya Atletik, Kawasan Sumut Sport Center, Desa Sena, Batangkuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu.

Ia mengatakan pula medali emas itu menjadi pemacu bagi tim drum band Jatim untuk meraih lebih banyak emas di nomor pertandingan lainnya.

Sementara itu di peringkat kedua, medali perak dimenangi oleh Sumatera Utara dengan perolehan poin 926,85. Terakhir, posisi ketiga atau medali perunggu diraih oleh DI Yogyakarta yang mendapat 917,25 poin.

Baca juga: Sumut raih emas drum band nomor LBJP 400 meter putri

Berdasarkan data per 8 September pukul 19.40 WIB, Jatim tercatat berhasil mengumpulkan sebanyak 15 medali emas. Raihan itu pun membuat Jatim sementara ini menduduki puncak peraih emas terbanyak di PON 2024.

Lebih lanjut, Andi menyampaikan terdapat perbedaan penilaian dari juri dibandingkan pada pelaksanaan perlombaan cabang olahraga drum band sebelumnya, yakni penilaian yang dititikberatkan pada kecepatan. Hal tersebut, kata Andi melanjutkan, menjadi kendala bagi tim drum band Jawa Timur yang memusatkan penampilannya pada segi teknik, bukan kecepatan.

Meskipun begitu, tim tersebut berhasil menyesuaikan aspek penilaian juri sehingga mampu meraih medali emas pada nomor LBJP 400 meter putra.

"Ada perbaharuan. Jadi kalau kemarin kita fokus kepada teknik, sekarang tadi kita ke cepat saja," ucap dia.

Dalam PON 2024 ini, sebanyak delapan provinsi, yakni Jawa Timur, Sumatera Utara, Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan DI Yogyakarta akan memperebutkan 17 medali emas dari cabang olahraga drumband. Tujuh belas nomor pertandingan yang diselenggarakan di antaranya, Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter putri, LBJP 400 meter putra, LBJP 800 meter campuran putra-putri, Lomba Unjuk Gelar (LUG), dan Lomba Baris Berbaris dan Lomba Unjuk Gelad (LBB-LUG).

Beragam nomor pertandingan itu digelar di sejumlah lokasi di Sumatera Utara, seperti Stadion Madya Atletik, GOR Futsal Disporasu, dan Jalan Sultan Serdang Kualanamu.

Baca juga: Aceh sabet medali emas drum band nomor LBJP 800 meter campuran

Baca juga: PB PDBI: Drum band itu perpaduan harmonis olahraga dan seni

Baca juga: Drum Band - Pelatih apresiasi pelayanan panitia untuk peserta PON 2024

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024