Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan memamerkan minuman khas daerah itu yakni "ber pala" dari hasil fermentasi buah pala pada pameran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma di Banda Aceh, Minggu, mengatakan minuman tersebut merupakan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yang kini sedang berkembang.

"Pada pameran PON XXI Aceh-Sumut di Banda Aceh, Pemkab Aceh Selatan menampilkan minuman khas dari hasil fermentasi buah pala yang biasa disebut 'ber pala'. Pameran tersebut merupakan ajang pesona Kabupaten Aceh Selatan," katanya.

Minuman "ber pala", kata Cut Syazalisma merupakan minuman khas Aceh Selatan terbuat dari fermentasi buah pala yang dicampur madu murni tanpa bahan pengawet.

Menurut dia, promosi produk UMKM di ajang PON XXI Aceh-Sumut tersebut sesuai dengan arahan Presiden, yang mana, PON tidak hanya olahraga semata, tetapi juga membangkitkan perekonomian masyarakat.

"Jadi, sesuai arahan Presiden tersebut, kami mengikutsertakan produk-produk UMKM. Selain 'ber pala', juga ada produk turunan buah pala lainnya, seperti manisan pala, dan lainnya," kata Pj Bupati Aceh Selatan tersebut.

Cut menjelaskan Pemkab Aceh Selatan fokus dan serius dalam meningkatkan UMKM. PON XXI Aceh-Sumut merupakan ajang memperkenalkan produk UMKM.

"Pameran PON XXI Aceh-Sumut ini menjadi ajang mengenalkan produk kuliner dari Aceh Selatan yang berbahan baku buah pala. Kami mengajak seluruh pengunjung pameran menikmati 'ber pala' serta produk UMKM lainnya dari Kabupaten Aceh Selatan," katanya.

Kabupaten Aceh Selatan berada di pesisir barat selatan Provinsi Aceh. Kabupaten tersebut berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan Gugusan Bukit Barisan. Kabupaten beribu kota di Tapaktuan itu dijuluki dengan Bumi Pala.

Baca juga: Pemkab Aceh Selatan beri pendampingan kepada tiga desa wisata

Pewarta: M Haris Setiady Agus
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024