Deli Serdang (ANTARA) - Dua atlet barongsai Kalimantan Utara (Kaltara) Ardiman dan Tri Wira mengaku puas dengan pencapaian yang ditorehkan dengan mengantongi medali emas dan perunggu di cabang olahraga barongsai Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

Ardiman pemain kepala atau pemain depan barongsai Kaltara mengaku puas dengan peraihan medali emas di nomor Barongsai Toulu Bebas dan perunggu di nomor Barongsai Kecepatan, karena hal itu sudah menjadi target dalam mengikuti ajang tersebut.

"Sangat puas karena sudah sesuai target kami," kata Ardiman ditemui seusai tampil di nomor Barongsai Kecepatan di Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu.

Ardiman menuturkan bahwa dari dua nomor yang diikuti yakni Barongsai Taolu Bebas dan Barongsai Kecepatan, Tim Kalimantan Utara lebih fokuskan kepada nomor Barongsai Taolu Bebas.

Baca juga: Barongsai - Kaltara sabet medali emas nomor Barongsai Taolu Bebas

Sementara untuk Barongsai Kecepatan, Tim Kalimantan Utara memang menargetkan hanya medali yakni perunggu.

"Kami memang (nomor Barongsai Kecepatan) menargetkan di perunggu karena kami di bidang kecepatan ini kami nggak fokus, kami cuma bagi sedikit karena takutnya terjadi cidera. Jadi kita lebih berfokusnya di kategori tonggak sebenarnya," jelas Ardiman.

Dia juga memastikan bahwa kondisi fisik saat tampil di nomor Barongsai Kecepatan tetap dalam kondisi yang bugar meski sempat tampil di nomor Barongsai Taolu Bebas pada Sabtu (7/9), sehari sebelum tampil di nomor kecepatan.

Ia menegaskan bahwa perolehan medali perunggu di nomor Barongsai Kecepatan bukan karena kondisi tubuh yang menurun, namun pada dasarnya hal itu memang yang ditargetkan.

"Penampilan sebelumnya nggak mempengaruhi sih dengan penampilan hari ini, nggak menurunkan performa sama sekali," kata Ardiman.

Baca juga: Jatim sabet emas usai catat waktu 19 detik di Barongsai Kecepatan

Senada dengan Tri Wira pemain belakang atau pemain ekor barongsai Kaltara yang mengatakan bahwa nomor Barongsai Kecepatan memang merupakan fokus kedua setelah nomor Tonggak.

"Bagi saya di posisi ketiga ini sudah puas, karena kita kan terbagi dua concern di tonggak sama yang kecepatan. Jadi untuk posisi tiga lumayan puas," kata Wira.

Meski begitu, dia berharap agar ke depannya bisa mengikuti berbagai ajang lainnya baik tingkat nasional maupun di level internasional.

"Secara fisik penampilan hari ini cukup, meski sempat tampil sebelumnya. Harapannya ke depan bisa lebih baik di ajang lainnya, dari pada ini," kata Wira.

Sementara itu, Pelatih Barongsai Kalimantan Utara Ferdy mengatakan bahwa timnya hanya mengikuti dua nomor di cabang olahraga tersebut karena sesuai dengan hasil kualifikasi PON.

"Kami hanya ikut dua nomor karena itu kan kami hanya lolos dua nomor di babak kualifikasi PON kemarin. Jadi, memang kita fokuskan di kategori Tonggak Taou Bebas," kata Ferdy.

Baca juga: Aceh sabet medali emas Barongsai Ketangkasan usai taklukkan Jatim

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024