Banda Aceh (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyampaikan bahwa persiapan menuju upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, sejauh ini sesuai dengan target.

“Malam ini kami melakukan gladi bersih final untuk memastikan persiapan opening ceremony yang akan dilakukan besok malam, yang akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Dan saya rasa ini persiapan semuanya sesuai target,” kata Dito di Media Center PON XXI Aceh, Banda Aceh, Minggu malam.

Dia juga memastikan, persiapan untuk penyelenggaraan pertandingan juga sudah mencapai tahap final sehingga seluruhnya telah siap, bahkan pertandingan beberapa cabang olahraga sudah dimulai lebih dulu.

Menurut Dito, persiapan dan penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut merupakan sesuatu yang luar biasa karena pertama kalinya dilakukan di dua provinsi sekaligus.

Baca juga: Pj Gubernur Aceh pastikan pembukaan sesuai jadwal

Selain itu, sejak penunjukan Aceh dan Sumut sebagai tuan rumah, kedua provinsi juga melakukan pergantian gubernur hingga beberapa kali sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggaraan PON XXI.

Meski begitu, Dito mengatakan berbagai tantangan tersebut dapat teratasi berkat kerja sama yang baik antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), pemerintah daerah, serta kementerian dan lembaga terkait.

“Karena kolaborasi yang baik dan komunikasi yang baik, tantangan-tantangan PON yang dilakukan di dua daerah provinsi ini yang dilakukan sementara semua sesuai target dan tercapai,” kata Dito.

Baca juga: KONI: Persiapan pembukaan PON berjalan lancar

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI Marciano Norman juga memastikan kesiapan pelaksanaan pembukaan PON XXI termasuk para kontingen perwakilan provinsi yang akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Kesiapan venue-nya sudah siap, kemudian juga dari sisi panitia pelaksana. Selain itu, peralatan pertandingan semuanya sudah siap. Sehingga baik di Aceh dan Sumatera Utara Insya Allah akan berjalan sesuai yang kita harapkan,” kata Marciano.

PON XXI secara resmi digelar pada 9-20 September 2024. Namun, rangkaian PON XXI Aceh-Sumut telah dimulai sejak Agustus lalu mengingat beberapa pertandingan cabang olahraga tertentu memiliki durasi yang cukup panjang dan penggunaan satu venue yang bergantian untuk beberapa cabang.

PON pada tahun ini mempertandingkan sebanyak 65 cabang olahraga yang melibatkan hampir 13.000 atlet. Pada Senin (9/9) malam, upacara pembukaan PON XXI akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Kominfo jamin kelancaran jaringan telekomunikasi jelang pembukaan PON

Baca juga: Nurul Akmal dipilih jadi penyulut api saat pembukaan PON Aceh-Sumut


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024