Deli Serdang (ANTARA) -
Tim drum band Sumatera Utara (Sumut) berhasil meraih tiga emas dari tiga nomor pertandingan cabang olahraga drum band Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024, yakni lomba berbaris jarak pendek (LBJP) 600 meter putri, 800 meter putra, dan 600 meter campuran.
 
Pelatih drum band Sumatera Utara Novi Hardianto, saat ditemui usai acara penyerahan medali di GOR Futsal Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin, mengaku bahagia dan bangga atas capaian tim binaannya itu.
 
"Alhamdulillah ya, cukup senang, bahagia, dan bangga juga karena atlet-atlet kita yang dari Sumatera Utara, khususnya cabang olahraga drum band berhasil meraih tiga emas," ucap dia.
 
Sebelumnya, tim drum band Sumatera Utara telah meraih medali emas dalam nomor LBJP 400 meter putri. Selama bertanding, kata Novi melanjutkan, kendala utama yang dialami oleh tim yang ia latih itu adalah terdapat sejumlah atlet yang mengalami cedera usai menuntaskan perlombaan.

Baca juga: Sumut raih emas drum band nomor LBJP 400 meter putri
 
"Sehabis lomba berbaris kemarin banyak yang kaku ataupun cedera karena memang di dalam pertandingan PON, khususnya di cabang olahraga drum band, itu mata lomba yang ekstrem dalam cedera. Alhamdulillah, kita sudah lewati masa-masa yang fisiknya kuat," ucapnya.
 
Sumatera Utara berhasil mengungguli tujuh provinsi lainnya dengan perolehan poin 918,95 di nomor LBJP 600 meter putri, 927,01 poin di LBJP 800 meter putra, dan 926,46 poin di LBJP 600 meter campuran.
 
Sementara itu, medali perak dalam nomor LBJP 600 meter putri diraih oleh Jawa Barat dengan perolehan poin sebesar 916,77. Lalu, diikuti oleh tim drum band DI Yogyakarta di peringkat ketiga dengan perolehan poin sebesar 908,5.
 
Untuk LBJP 800 meter putra, poin sebesar 925,18 mengantarkan DI Yogyakarta meraih medali perak. Sementara di peringkat ketiga, ada tim drum band Aceh dengan perolehan poin sebesar 923,45.
Tim drum band putra Sumatera Utara beraksi dalam final Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 800 meter PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Madya Atletik, Desa Sena, Batangkuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (8/9/2024). ANTARA FOTO/Fransisco Carolio (ANTARA FOTO/FransiscoCarollio)
Baca juga: PON 2024 diharapkan bikin cabang olahraga drum band semakin maju
 
Terakhir, di nomor LBJP 600 meter campuran, medali perak diraih oleh tim drum band Aceh dengan perolehan poin sebesar 925,34 Perak dan diikuti oleh Jawa Barat yang meraih medali perunggu dengan poin 925,32.
 
Dalam PON 2024 ini, sebanyak delapan provinsi, yakni Jawa Timur, Sumatera Utara, Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan DI Yogyakarta akan memperebutkan 17 medali emas dari cabang olahraga drum band.
 
Tujuh belas nomor pertandingan yang diselenggarakan di antaranya adalah lomba berbaris jarak pendek (LBJP) 400 meter putri, LBJP 400 meter putra, LBJP 800 meter campuran putra-putri, lomba unjuk gelar (LUG), dan lomba baris berbaris dan lomba unjuk gelar (LBB-LUG).
 
Beragam nomor pertandingan itu digelar di sejumlah lokasi di Sumatera Utara, seperti Stadion Madya Atletik, GOR Futsal Disporasu, dan Jalan Sultan Serdang Kualanamu.

Baca juga: Aceh sabet medali emas drum band nomor LBJP 800 meter campuran
Baca juga: PDBI sebut latihan drum band berdampak positif pada kepribadian atlet

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024