Medan (ANTARA) -
Wali Kota Medan Bobby Nasution mengajak warga kota dan jajaran Pemkot Medan menjadi tuan rumah yang baik saat menerima pasukan kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.
 
"Mari kita menjadi tuan rumah yang baik. Tampilkan senyum dan ramah wajah kota kita, seraya menikmati pertandingan dari atlet-atlet terbaik Indonesia," ucap Bobby, di halaman Kantor Wali Kota Medan, Senin.
 
Kehadiran berbagai elemen masyarakat menyambut kirab api PON ini, lanjut dia, bukti nyata dukungan Kota Medan pada ajang olahraga nasional PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Baca juga: Obor Api PON menyapa Kota Medan
 
Pihaknya mengatakan, sejarah PON telah melalui perjalanan yang panjang sejak pertama kali diselenggarakan pada 1948.
 
Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tercatat pertama kali menjadi tuan rumah PON pada 71 tahun lalu atau tepatnya pada 1953.
 
"Alhamdulillah, keinginan kita bersama dan kita rindukan terkabulkan. PON XXI 2024 di Provinsi Sumut, khususnya Kota Medan menjadi tuan rumah kembali," jelasnya.

Baca juga: Stadion Teladan bakal jadi lokasi penutupan PON 2024
 
Bobby menyebutkan, PON diadakan setiap empat tahun sekali ini menjadi panggung bagi para atlet terbaik berbagai provinsi di Indonesia untuk bersaing dalam beragam cabang olahraga.
 
Ajang ini harus menjadi puncak prestasi pembinaan olahraga tingkat nasional, dan barometer keberhasilan daerah dalam pembinaan olahraga melalui nomor yang dipertandingkan.
 
Pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 dibuka pada 9 September 2024 di Aceh oleh Presiden Joko Widodo dan ditutup pada 20 September 2024 di Sumut oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
 
Dilansir laman Kementerian Pemuda dan Olahraga pelaksanaan PON di Aceh mempertandingkan 33 cabang olahraga, 42 disiplin cabang olahraga, 510 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.
 
Sementara pelaksanaan PON di Sumatera Utara mempertandingkan sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 602 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 6.281 atlet dan 3.140 ofisial.
 
"Indonesia yang maju tidak sebatas di bidang ekonomi, teknologi, kebudayaan, politik, dan pertahanan, tetapi juga di bidang olahraga," tutur Bobby.
 
Wali kota juga mengaku, Pemkot Medan sangat mendukung kemajuan olahraga dalam meningkatkan sarana olahraga, seperti revitalisasi Stadion Teladan, Stadion Kebun Bunga, dan Taman Cadika.
 
"Kami berharap kepada atlet Medan yang tampil pada ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024 mampu meraih prestasi, sehingga mengharumkan nama Medan dan Provinsi Sumut," papar Bobby lagi.
 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024