Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN) unjuk diri dalam defile acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Aceh, Senin malam.

Barisan defile IKN berjalan pada urutan tiga terakhir sebelum Aceh dan Sumatera Utara selaku tuan rumah pentas olahraga nasional tersebut.

Barisan dipimpin oleh delapan atlet dan ofisial yang menggunakan baju adat dari berbagai provinsi, di antaranya Kalimantan Timur, Bali, Papua, hingga Jawa Tengah. Sedangkan rombongan di belakangnya memakai pakaian olahraga berwarna merah dengan aksen warna kuning dan topi warna putih.

Ketika barisan IKN berjalan di atas panggung defile, Presiden Joko Widodo dan Menpora Dito Ariotedjo menyunggingkan senyum bangga. Bahkan, Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga melambaikan tangannya seolah-olah menyapa para atlet dan ofisial yang juga sedang menyapa penonton.

Rombongan kontingen IKN juga mendapatkan sambutan meriah dari penonton yang hadir langsung di stadion. Tepuk tangan dan sorakan mengiringi kontingen anyar tersebut selama berjalan.

Diketahui, kontingen IKN mengirimkan 12 atlet dan ofisial untuk mengikuti empat cabang olahraga.

Baca juga: Kontingen Bali awali defile pembukaan PON XXI

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimuddin mengatakan, atlet-atlet itu berlaga dalam cabang olahraga senam, panahan, layar, dan renang.

Ia menerangkan, target utama IKN adalah membawa nama kontingen ini untuk pertama kalinya dalam pesta olahraga multicabang nasional tersebut.

Sebagai informasi, PON 2024 menandai kali pertama pentas olahraga multi-event nasional tersebut dilangsungkan di dua provinsi secara bersamaan, yakni Aceh dan Sumatera Utara.

Sebanyak 65 cabang olahraga, 87 disiplin, dan 1.042 nomor pertandingan digelar di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara dalam ajang kompetisi yang sekaligus menjadi panggung unjuk hasil pembinaan prestasi olahraga daerah.

Empat daerah otonom baru (DOB) yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan melakoni debut mereka di PON, yang juga turut diikuti kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sedikitnya 13.000 atlet bersaing menjadi yang terbaik hingga upacara penutupan dalam pesta olahraga nasional yang dijadwalkan berlangsung pada 20 September 2024.

Baca juga: Warga padati area depan venue pembukaan PON 2024 tunggu Jokowi
Baca juga: Inilah atlet-atlet pembawa obor dalam Pembukaan PON XXI di Aceh

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024