Cirebon (ANTARA News) - Para penyandang cacat di Cirebon, Jawa Barat, mengaku masih kesulitan mencari pekerjaan karena mereka harus bersaing ketat dengan orang-orang normal.

Adi, salah seorang penyandang cacat di Cirebon, menuturkan para pe nyandang cacat masih kesulitan mendapatkan pekerjaan karena harus turut bersaing dengan mereka yang normal.

Ia mengatakan sebagian perusahaan di Kabupaten dan Kota Cirebon belum menyediakan kesempatan bagi para penyandang cacat karena dianggap kurang produktif.

Ia berharap pemerintah memberikan peluang kepada mereka supaya ada kesempatan untuk berkarya.

Selama ini, para penyandang cacat masih tetap dipandang kurang bermanfaat, meski kemampuan bisa memenuhi permintaan perusahaan.

Penyandang cacat lainnya, Stepi, mengatakan ia terpaksa membuka usaha sendiri karena berkali-kali melamar pekerjaan namun belum mendapat kesempatan.

Ia berharap pemerintah memberikan kemudahan kepada penyandang cacat untuk mendapatkan pekerjaan.

Setelah lulus sekolah, kata dia, dirinya belum sempat bekerja di perusahaan karena sering gagal dalam tes penerimaan karyawan dengan alasan bahwa kesehatannya tidak memenuhi standar yang mereka butuhkan.

Sementara itu, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi menyatakan harapan bahwa perusahaan-perusahaan akan memberikan peluang kepada para penyandang cacat yang memiliki kemampuan.

(T008)

Pewarta: Enjang Solihin
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2014